Jokowi Minta Media Digital Tak Hanya Mengejar 'Klik' dan 'Like'

Dimas Jarot Bayu
14 Agustus 2020, 11:53
Pidato Presiden Dalam Rangka Laporan Kinerja Lembaga Negara
Pool/BiroPemberitaanParlemen
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pada sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap, semua platform berbasis digital mendukung transformasi bangsa. Kehadiran media seharusnya bukan hanya untuk mendulang 'klik' dan 'suka' atau like dari pembaca.

"Tetapi, seharusnya didorong untuk menumpuk kontribusi bagi kemanusiaan dan kepentingan bangsa," kata Jokowi saat menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8).

Advertisement

Apalagi, peran media digital sangat besar dewasa ini. Media digital harus  diarahkan untuk membangun nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan.

Ia menyatakan, demokrasi memang menjamin kebebasan seluruh pihak. Hanya saja, kebebasan yang ada harus menghargai hak orang lain. 

Tidak boleh ada orang yang merasa paling benar sendiri dan menyalahkan pihak lain. Justru orang yang merasa paling benar dan memaksakan kehendak biasanya salah. "Jangan ada yang merasa paling agamais sendiri. Jangan ada yang merasa paling Pancasilais sendiri."

Kendati begitu, ia mengaku beruntung karena mayoritas masyarakat Indonesia menjunjung tinggi kebersamaan dan persatuan. Selain itu, warga penuh toleransi dan saling peduli.

"Maka, masa-masa sulit sekarang ini bisa kita tangani secara baik," kata Jokowi.

Jokowi mengapresiasi dukungan dan kerja cepat dari berbagai lembaga negara yang melakukan langkah-langkah di luar kebiasaan dalam mendukung penanganan krisis akibat pandemi corona. Salah satunya, MPR yang membuat program ‘MPR Peduli Covid-19’.

MPR juga terus menyosialisasikan dan mengaktualisasikan Pancasila. Selain itu, mengkaji sistem ketatanegaraan dan konstitusi Indonesia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement