BI Respons Uang Edisi Khusus Rp 75 Ribu Dijual Jutaan di E-Commerce

Desy Setyowati
18 Agustus 2020, 14:56
BI Respons Uang Edisi Khusus Rp 75 Ribu Dijual Jutaan di E-Commerce
Bank Indonesia
Ilustrasi, uang edisi khusus hari ulang tahun kemedekaan RI ke-75 dalam bentuk pecahan Rp 75 ribu.

Uang edisi khusus hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia dalam bentuk pecahan Rp 75 ribu dijual di e-commerce seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia. Bank Indonesia (BI) mengatakan, pemilik memang tidak dilarang untuk menjual uang pecahan tersebut.

Akan tetapi, harga jualnya tidak boleh melebihi Rp 75 ribu. “Disimpan untuk koleksi, bisa. Kalau misalnya, ‘saya mau beli’, ya silahkan saja. Kami tidak mengatur itu. Hanya, harga penukarannya tetap Rp 75 ribu,” kata Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi saat konferensi pers secara virtual, Selasa (18/8).

Advertisement

Uang pecahan Rp 75 ribu itu memang hanya dicetak 75 juta lembar. Untuk mendapatkannya, masyarakat harus memesan terlebih dulu melalui aplikasi pintar.bi.go.id.

Setiap warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) hanya dapat menukar satu lembar uang pecahan edisi khusus itu. Masyarakat dapat memilih lokasi dan jadwal penukaran uang di aplikasi.

Lokasi penukaran yakni kantor wilayah BI, serta kantor cabang Bank Mandiri, BNI, BCA, dan CIMB Niaga. Periode penukaran dimulai hari ini hingga seluruh uang pecahan edisi khusus itu ditukarkan oleh masyarakat.

Rosmaya mengatakan, masyarakat yang akan menukarkan uangnya dengan uang pecahan edisi khusus, akan diverifikasi KTP dan wajahnya. “Kalau tidak bisa, mana surat kuasanya. Ini supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, diperjualbelikan,” katanya.

Uang pecahan Rp 75 ribu itu juga dilengkapi dengan beragam teknologi guna mengantisipasi uang palsu. Setidaknya ada enam ciri uang edisi khusus tersebut. Pertama, terdapat gambar utama pahlawan nasional Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta pada bagian muka.

Kedua, terdapat logo BI yang bisa berubah warna pada bagian gambar Anggrek Bulan. Logo BI itu juga memiliki efek gerak dinamis bila dilihat dari sudut pandang berbeda.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement