Jokowi Yakin Bandara Internasional Yogyakarta Jadi yang Teramai di RI

Rizky Alika
28 Agustus 2020, 14:50
Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta pada hari ini (28/8).
instagram/@sekretariat.kabinet
Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta pada hari ini (28/8).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) pada hari ini (28/8). Ia memperkirakan, bandar udara ini menjadi yang paling ramai saat pandemi corona usai.

Saat ini, memang tidak banyak masyarakat yang bepergian menggunakan transportasi udara karena pandemi Covid-19. "Begitu sudah mulai ada vaksin corona, saya yakin bandara ini akan menjadi yang paling ramai” kata Jokowi, dikutip dari keterangan yang diterima Katadata.co.id, Jumat (28/8).

Mantan Walikota Solo itu mengklaim, YIA merupakan bandara terbaik di Indonesia. Itu karena pengerjaan dan desain interiornya bagus.

Pembangunan bandara itu juga tergolong cepat, hanya 20 bulan. "Terima kasih PT Angkasa Pura I dan PT PP yang telah mengerjakan dengan baik. Juga membuat YIA menjadi bandara terbaik di Indonesia saat ini," kata dia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap, kehadiran YIA dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Hal ini juga menjadi upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi virus corona.

"Kami berharap dapat memulihkan perekonomian nasional dengan menarik lebih banyak wisatawan ke Yogyakarta," ujar Budi.

Ia pun optimistis Bandar Udara Internasional Yogyakarta mampu berdampak positif bagi perekonomian nasional dan masyarakat, khususnya di Yogyakarta.

Pada kesempatan tersebut, ia mengingatkan bahwa Candi Borobudur merupakan salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas. Konektivitas antarmoda dari Bandara YIA menuju candi Borobudur juga harus ditingkatkan, dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Kementeriannya telah memastikan adanya dukungan transportasi dari bandara menuju kota Yogyakarta dan destinasi wisata. Transportasi yang tersedia meliputi Angkutan Pemadu Moda Damri, SetelQu, taksi bandara, taksi online, dan kereta api melalui stasiun Wojo.

"Ke depannya, jalur kereta akan langsung masuk ke area bandara," ujar Budi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...