Mantan Istri Orang Terkaya di Dunia Akan Sumbang 50% Lebih Kekayaan

Desy Setyowati
11 Desember 2020, 20:32
Mantan Istri Orang Terkaya di Dunia Akan Sumbang 50% Lebih Kekayaan
Instagram Scrolllab
Jeff Bezos dan MacKenzie Scott

Mantan istri orang terkaya di dunia, Jeff Bezos yakni Mackenzie Scott menyatakan akan menyumbangkan separuh lebih kekayaan. Ia pun masuk dalam daftar 100 perempuan paling berpengaruh di dunia versi Forbes pada 2020.

Scott resmi menjadi perempuan terkaya di dunia menurut indeks Billionaire Bloomberg, per awal September lalu (4/9). Ini karena ia mendapatkan 25% dari total saham Amazon yang dimiliki oleh Bezos saat bercerai pada tahun lalu. Nilainya setara 4% dari total keseluruhan saham perusahaan e-commerce ini.

Jeff Bezos merupakan pendiri sekaligus CEO Amazon. Hartanya mencapai US$ 187 miliar atau setara Rp 2.633 triliun. Sedangkan Mackenzie sekitar US$ 60 miliar atau Rp 844,8 triliun.

Forbes menyebut Mackenzie sebagai contoh utama tentang bagaimana perempuan paling berpengaruh di dunia menggunakan ‘kekuatannya’ untuk menciptakan perubahan. Mackenzie memang menandatangani Giving Pledge pada Mei 2019, sebulan setelah bercerai dengan Bezos.

Giving Pledge adalah kampanye yang mendorong orang-orang yang sangat kaya agar mau menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka untuk tujuan filantropi. Ini digagas oleh miliarder Warren Buffett dan Bill Gates.

“Saya memiliki jumlah uang yang tidak proporsional untuk dibagikan," tulis Mackenzie dalam surat jaminan terkait perceraian, dikutip dari NZ Herald, Kamis (10/12). “Saya tidak akan menunggu. Saya akan terus melakukannya sampai brankas kosong.”

Setahun setelah menandatangani Giving Pledge, Mackenzie telah memberikan hampir US$ 1,7 miliar kepada 116 organisasi amal. Sebanyak US$ 586,7 juta di antaranya terkait keadilan rasial, khususnya setelah pembunuhan George Floyd oleh polisi Minneapolis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...