Kemunculan Jack Ma Belum Redakan Kecemasan Investor soal Nasib Alibaba

Desy Setyowati
21 Januari 2021, 10:35
Analis: Kemunculan Jack Ma Gagal Menenangkan Investor soal Alibaba
ANTARA FOTO/INASGOC/Zabur Karuru
Pendiri Alibaba Jack Ma

Kemunculan Jack Ma mendongkrak harga saham Alibaba lebih dari 8% pada perdagangan Rabu (20/1). Namun, analis menilai bahwa ini gagal menenangkan kekhawatiran investor mengenai sorotan pemerintah Tiongkok terhadap Alibaba dan Ant Group.

Ma dilaporkan mengadakan konferensi video virtual dengan 100 guru di perdesaan Tiongkok, Rabu (20/1). Ini kemunculan pertamanya di hadapan publik setelah ‘menghilang’ sejak akhir Oktober 2020 lalu.

Advertisement

Taipan asal Negeri Panda ini lama tak muncul ke publik setelah berpidato dalam acara Bund Summit di Shanghai pada akhir Oktober 2020 lalu. Saat itu, Ma mengatakan bahwa Beijing menghambat inovasi, khususnya di bidang keuangan.

Ma pun dipanggil oleh Beijing pada awal November lalu (2/11/2020). Setelah itu, Ma tak lagi muncul ke publik.

Sumber yang mengetahui persoalan itu mengatakan, Ma memang sengaja mengosongkan jadwal pada akhir tahun lalu. “Alibaba juga berdiskusi terkait kapan dan bagaimana Ma harus muncul kembali untuk meyakinkan investor,” demikian dikutip dari Reuters, Kamis (21/1).

Hasil dari diskusi itu, perusahaan sepakat bahwa Ma harus muncul dengan kondisi yang tampak sebagai bagian dari rutinitas normal. Ini agar tidak mengganggu pemerintah.

Kemunculan Ma pun berhasil mendongkrak harga saham Alibaba. Namun, “keadaan sebenarnya akan sepenuhnya bergantung pada Beijing," ujar CEO dari konsultan China Beige Book yang berbasis di AS, Leland Miller. “Yang kami tahu, apakah Ma bepergian, bersembunyi atau sesuatu yang lain. Alibaba tidak jelas. Masih banyak lagi cerita yang harus diketahui.”

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement