Aneka Diskon Ramadan, Berikut 8 Tips Aman Perencana Keuangan

Fahmi Ahmad Burhan
13 April 2021, 15:38
Aneka Diskon Ramadan, Berikut 8 Tips Aman Perencana Keuangan
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras.
Karyawan menghitung uang rupiah di Bank Mandiri Syariah, Jakarta, Senin (18/5/2020).

Startup, perusahaan konvensional, hingga usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM) menggelar diskon saat ramadan, karena permintaan untuk kebutuhan lebaran meningkat. Perencana keuangan membagikan tips untuk mengelola keuangan, termasuk Tunjangan Hari Raya (THR).

Survei dari OVO Market Research menunjukkan bahwa 6 dari 10 orang di Indonesia kesulitan mengelola keuangan selama ramadan. Selain itu, 40% melenceng jauh dari rencana awal terkait keuangan.

Advertisement

Setidaknya ada delapan tips dalam mengelola keuangan saat ramadan. Pertama, membuat skala prioritas. "Harus tahu mana yang paling, penting, dan tidak," kata Certified Financial Planner Lolita Setyawati saat konferensi pers virtual, Selasa (13/4).

Kedua, menyiapkan dana ekstra sebelum ramadan. "Kalau misalnya tidak menerima THR, jadi tak kaget," ujar Lolita.

Ketiga, berbelanja dari awal atau sebelum ramadan agar tidak terpengaruh harga yang melonjak. Keempat, membuat menu sahur dan buka supaya makanan dan minuman yang dikonsumsi lebih terencana serta tidak bersisa. “Jangan mubazir," ujarnya.

Kelima, menentukan tujuan. Certified Financial Planner Finansialku Juan Mahir Muhammad mengatakan, ini hal pertama yang harus dilakukan agar penggunaan uang terarah.

Keenam, mencatat seluruh pengeluaran selama ramadan. “Semakin detail catatan, maka semakin bagus. Terkadang orang bilang, ‘hanya Rp 200 ribu, tidak perlu dicatat’. Padahal ini bisa untuk investasi," kata Juan saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, Selasa (13/5).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan, Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement