CDC: 5.800 Warga AS yang Divaksinasi Tertular Covid-19

Desy Setyowati
19 April 2021, 08:55
CDC: 5.800 Warga AS yang Divaksinasi Tertular Covid-19
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa.
Vaksinator memeriksa cairan vaksin COVID-19 sebelum diberikan kepada warga penerima vaksin di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC mencatat, sekitar 5.800 warga di Amerika Serikat (AS) terinfeksi virus corona meski telah divaksinasi penuh. Sebanyak 7% di antaranya bahkan perlu dirawat inap.

Hal itu karena beberapa sakit parah akibat terinfeksi Covid-19. Sebanyak 74 orang meninggal dunia.

CDC pun mencari pola berdasarkan usia dan jenis kelamin pasien, lokasi, jenis vaksin, varian, dan faktor lainnya. “Sampai saat ini, tidak ada pola tak terduga yang diidentifikasi dalam demografi kasus atau karakteristik vaksin," kata CDC kepada CNN Internasional melalui email, dikutip akhir pekan lalu (17/4).

Saat ini, sekitar 77 juta orang di AS telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 penuh. Sedangkan laporan CDC tersebut berdasarkan analisis beberapa minggu yang lalu, sehingga tertinggal dibandingkan data kasus harian.

CDC pun mengatakan bahwa jumlah yang dikaji mewakili persentase yang sangat kecil dari mereka yang telah divaksinasi. Ini artinya, kasus orang yang telah divaksin terinfeksi Covid-19 bisa lebih banyak.

Namun, CDC merekomendasikan agar semua orang yang memenuhi syarat mendapatkan vaksin, tetap melakukannya. Selain itu, ttetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan selalu memakai masker.

Dalam uji klinis, vaksin Pfizer-BioNTech pun tercatat 95% efektif dalam mencegah penyakit bergejala. Pada awal bulan ini, perusahaan juga mengatatakan bahwa 91% vaksin efektif melawan penyakit dengan gejala apa pun selama enam bulan di AS.

Sedangkan vaksin Moderna 94% efektif dalam mencegah penyakit bergejala dalam uji coba, dan 90% saat penggunaan nyata. Lalu, vaksin Johnson & Johnson 66% efektif saat uji coba, dan 72% ketika digunakan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...