RI Ekspor Cysteine ke AS Rp 11 M, Mendag Sebut Produk Teknologi Tinggi

Cahya Puteri Abdi Rabbi
21 April 2021, 09:44
RI Ekspor Cysteine Rp 11 T ke AS, Mendag: Ini Produk Teknologi Tinggi
Kemendag
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi saat melepas ekspor produk inovasi bioteknologi asam amino cysteine US$ 800 ribu atau Rp 11,6 triliun ke Amerika Serikat (AS), Selasa (20/4/2021).

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi melepas ekspor produk inovasi bioteknologi asam amino cysteine US$ 800 ribu atau Rp 11,6 miliar ke Amerika Serikat (AS). Ia mengatakan, ini merupakan hasil teknologi tinggi.

“Cysteine merupakan salah satu produk bernilai tambah besar, dengan teknologi tinggi dan pasar ekspor premium. Untuk itu, kami harus mendukung dan membantu agar ekspor ini bertambah besar," ujar Lutfi dalam keterangan tertulis, Selasa malam (20/4).

Cysteine yang diekspor merupakan hasil produksi PT Cheil Jedang Indonesia (CJI) di Pasuruan, Jawa Timur. Ini bagian dari target ekspor PT CJI US$ 580 juta pada 2021.

Lutfi mengapresiasi PT CJI, karena Indonesia membutuhkan pengembangan produk dengan nilai tambah seperti cysteine. "Kami mendukung dan berharap ini dapat diikuti oleh investasi lainnya, yang bukan hanya ramah lingkungan, tetapi juga menyesuaikan dengan pasar internasional," katanya.

Ia menilai, investasi dan ekspor yang dilakukan PT CJI berdampak pada perkembangan ekonomi Indonesia saat ini. Oleh karena itu, ia menyatakan bahwa pemerintah akan terus mendukung bisnis CJI di Indonesia karena 90% produknya berorientasi ekspor.

Wakil Presiden CJI Plant Pasuruan Yoon Tae Sang mengatakan, cysteine dengan merk Flavor Nrich™ Master C menjawab permintaan pasar global, khususnya industri makanan. Produk ini merupakan asam amino alami yang dapat digunakan oleh siapapun, termasuk kelompok vegan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...