Jokowi Kirim 200 Alat Bantu Oksigen ke India untuk Tangani Covid-19

Rizky Alika
12 Mei 2021, 13:18
india, alat bantu oksigen, corona di india, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui/FOC/sa.
Seorang pasien menerima perawatan di dalam bangsal Covid-19 rumah sakit yang dikelola pemerintah, di tengah pandemi penyakit virus corona (COVID-19), di distrik Bijnor, Uttar Pradesh, India, Selasa (11/5/2021).

Indonesia mengirimkan 200 unit konsentrator oksigen ke India. Itu karena kasus positif Covid-19 di Negeri Bollywood terus melonjak hingga mencapai 23,34 juta per hari ini, berdasarkan data Worldometers.

Konsentrator oksigen merupakan jenis perangkat medis yang berfungsi memasok oksigen kepada seseorang dengan gangguan pernapasan. "Bantuan kemanusiaan ini wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India," kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi saat konferensi pers di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (12/5).

Bantuan tersebut juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ratusan konsentrator oksigen itu akan dikirim menggunakan pesawat Garuda Indonesia Pukul 14.00 WIB.

Sebelumnya, pemerintah mengirimkan bantuan ke India berupa 1.400 tabung oksigen silinder pada Senin (10/5). Bantuan ini dikirimkan berkat kerja sama pemerintah dengan asosiasi dan pelaku industri.

Pemerintah berharap, perangkat tersebut membantu India menangani pandemi Covid-19. Apalagi, data Worldometer menunjukkan bahwa kasus aktif Covid-19 di India hampir empat juta.

Indonesia pun bekerja sama dengan India melawan virus corona sejak awal pandemi. "Indonesia dan India merupakan sahabat lama, teman dekat sekaligus mitra strategis," ujar Retno.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...