Tol Listrik Flores Beroperasi, PLN Berharap Bisa Tarik Investasi

Desy Setyowati
31 Juli 2021, 12:26
tol listrik flores, pln, investasi
ANTARA/HO-PLN
Infrastruktur ketenagalistrikan Tol Listrik Flores milik PT Perusahaan Listrik Negara di Nusa Tenggara Timur, Sabtu (31/7/2021).

Tol listrik Flores sepanjang 864 kilometer sirkuit (kms) mulai beroperasi. Perusahaan Listrik Negara (PLN) berharap, kehadiran infrastruktur ini bisa menarik investasi dan mendongkrak perekonomian di Pulau Flores dan sekitarnya.

Fasilitas itu membentang dari Labuan Bajo sampai Maumere di Nusa Tenggara Timur (NTT). “Kami percaya listrik merupakan energi yang menggerakkan kehidupan dan berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara PLN Syamsul Huda dalam keterangan pers, dikutip dari Antara, Sabtu (31/7).

Infrastruktur ketenagalistrikan itu berkapasitas 225 megavolt ampere (MVA). Dayanya mampu mencapai 104,1 megawatt (MW), dengan beban puncak untuk melayani pelanggan total 71,6 MW.

Selama ini pembangkit di Flores terpisah dalam dua sistem, yakni Sistem Flores Bagian Barat dan Sistem Flores Bagian Timur.

Huda menjelaskan, Sistem Flores Bagian Barat memiliki kapasitas total pembangkit 40,7 MW. Ini terdiri dari PLTMG Rangko 23 MW dan PLTD Golobilas 3,4 MW di Labuan Bajo, PLTP Ulumbu 10 MW, PLTD Faobata Bajawa 2,2 MW di Kabupaten Manggarai, serta pembangkit lainnya.

Sistem Flores Bagian Timur memiliki kapasitas total 63,4 MW. Ini mencakup PLTMH Ndungga 2 MW, PLTS Wewaria 1 MW, PLTD Mautapaga 3 MW, PLTU Ropa 14 MW di Ende; dan PLTS Waeblerer 1 MW, PLTD Wolomarang 3 MW, serta PLTMG Maumere 40 MW di Kabupaten Sikka.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...