RI Kedatangan 500 Ribu Vaksin Astrazeneca dari Australia Hari Ini

Desy Setyowati
8 September 2021, 21:05
vaksin astrazeneca, vaksin corona, vaksin covid-19, covid-19
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin Covid-19 AstraZeneca di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021).

Indonesia kembali menerima 500 ribu dosis vaksin Astrazeneca dari Australia pada hari ini. Itu merupakan tahap kedua dari komitmen sumbangan 2,5 juta dosis vaksin corona dari Negeri Kanguru.

Vaksin Astrazeneca dari Australia tahap pertama tiba di Indonesia pada pekan lalu (2/9). Sedangkan bantuan vaksin Covid-19 tahap kedua hadir di Tanah Air sehari sebelum pertemuan 2 + 2 antara menteri luar negeri dan menteri pertahanan kedua negara.

Advertisement

"Kedua negara terus berupaya memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif, termasuk dalam situasi penuh tantangan seperti pandemi Covid-19," kata ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam siaran pers, Rabu (8/9).

Pemerintah Australia juga berkomitmen memberikan dukungan pengadaan vaksin corona untuk Indonesia senilai 77,1 juta dolar Australia. Ini akan disalurkan melalui UNICEF.

"Atas nama pemerintah Indonesia, saya berterima kasih kepada pemerintah dan rakyat Australia atas dukungan kerja sama penanganan Covid-19,” ujar Retno.

Dengan kedatangan vaksin corona tahap kedua dari Australia itu, Indonesia secara keseluruhan mendapatkan 225,9 juta dosis dari berbagai merek, baik dalam bentuk bulk maupun jadi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement