Pemerintah dan Angkasa Pura Tawarkan Tiga Proyek Bandara Kualanamu

Cahya Puteri Abdi Rabbi
17 September 2021, 08:58
kementerian investasi, investasi, bandara kualanamu
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/aww.
Sejumlah pemudik Warga Negara Indonesia (WNI) dari Malaysia tiba di kedatangan Internasional Bandara Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (21/5/2020).

Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggaet PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Angkasa Pura Aviasi menawarkan tiga proyek investasi di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Pengembangan ini diklaim bakal menguntungkan.

Ketiga proyek itu di antaranya Airport City, E–Commerce Center Warehouse, dan Integrated Commercial Area- Factory Outlet and MICE. Airport City terdiri dari hotel, convention hall, lapangan golf and driving range, theme park, retail, dan rumah sakit seluas 135 hektare.

Sedangkan luas E–Commerce Center Warehouse dan Integrated Commercial Area- Factory Outlet and MICE masing-masing 2 hektare dan 20 hektare.

“Kami sangat mengapresiasi semangat Angkasa Pura Aviasi dalam menyosialisasikan peluang investasi yang dimiliki di tengah pandemi Covid-19 ini. Pelayanan infrastruktur bandara yang dapat meningkatkan iklim investasi sangat dibutuhkan, terutama saat kondisi bisnis yang turun,” kata Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Nurul Ichwan dalam siaran pers, Kamis (16/9).

Ia mengatakan, pengelolaan infrastruktur transportasi udara dituntut untuk mampu berinovasi dalam pengembangan bisnis agar dapat terus memberikan pelayanan yang baik.

Menurut dia, ketiga proyek yang ditawarkan tersebut dapat mendukung pengelolaan bandara. Kemudian dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumatra Utara maupun Indonesia.

Selain itu, ia berharap bahwa pengelolaan tidak hanya meningkatkan pelayanan, tetapi juga mewujudkan konsep bandara masa depan sebagai infrastruktur multimoda dan multifungsi yang dapat mendorong pengembangan kawasan di sekitar.

Direktur Angkasa Pura Aviasi Haris menambahkan, proses penawaran  ketiga proyek baru pada tahap mencari mitra strategis dalam mengelola dan mengembangkan Bandara Internasional Kualanamu.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...