BPJS Kesehatan Uji Coba Sistem Global Budget pada 4 RS di Bali

Desy Setyowati
25 September 2021, 12:22
bpjs kesehatan, rumah sakit, bpjs,
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengoperasikan ponselnya saat antre di Kantor Cabang Jakarta Pusat, Jumat (28/5/2021).

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan menguji coba sistem global budget di empat rumah sakit di Kabupaten Klungkung, Bali. Ini untuk mengatasi tantangan keseimbangan antara mutu dan biaya pelayanan.

Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan Mahlil Ruby menyampaikan, global budget merupakan salah satu sistem pembayaran rumah sakit. Ini berdasarkan besaran anggaran atau biaya dari hasil negosiasi yang disepakati oleh kedua pihak, untuk jangka waktu tertentu.

Besaran anggaran itu mempertimbangkan jumlah pelayanan dalam kurun waktu tiga tahun sebelumnya, rencana yang akan dilakukan, dan kinerja rumah sakit yang bersangkutan.

Selain kepastian anggaran, sistem global budget dinilai memberikan fleksibilitas bagi rumah sakit dalam mengelola dan merestrukturisasi anggaran sesuai prioritas kebutuhan. Selain itu, ada keleluasaan dalam improvisasi pemanfaatan biaya pelayanan kesehatan demi meningkatkan kualitas layanan medis bagi para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Mahlil menambahkan, sistem tersebut merupakan salah satu bentuk pengembangan sistem pembayaran kepada rumah sakit. Namun tetap mengacu kepada INA CBGs atau sistem pengelompokan penyakit berdasarkan ciri klinis yang sama dan sumber daya yang digunakan dalam pengobatan.

Sebelumnya, uji coba dilakukan di 70 rumah sakit di 13 kabupaten dan kotamadya. Empat di antaranya di Kabupaten Klungkung.

Keempatnya yakni RSUD Klungkung, RSUD Gema Santi, RSU Bintang, dan RSU Permata Hati. RSU Graha Bakti Medika berencana menyusul.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...