Kasus Positif Corona di PON Naik Jadi 34 Orang, Semuanya Tanpa Gejala

Rizky Alika
7 Oktober 2021, 20:22
pon, pon papua, covid-19,
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/YU
Sejumlah penari membawakan tarian saat memeriahkan pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).

Kasus Covid-19 dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional atau PON Papua terus bertambah. Total ada 34 orang dan seluruhnya tanpa gejala.

"Hingga saat ini terdapat 34 kasus positif Covid-19 dalam PON XX Papua. Mereka yang positif seluruhnya tanpa gejala," kata juru bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers virtual, Kamis (7/10).

Advertisement

Ia mengklaim, temuan kasus positif Covid-19 segera ditangani secara profesional oleh tenaga kesehatan setempat. Ini untuk mencegah penularan yang lebih luas kepada kontingen maupun masyarakat yang hadir pada gelaran PON XX Papua.

Pemerintah daerah juga sudah menyediakan 58 fasilitas isolasi terpusat yang tersebar di Papua. Tingkat keterisiannya 11%, dengan sisa tempat tidur 2.027 per Selasa (5/10).

Selain itu, pemerintah setempat terus mengawasi sirkulasi keluar dan masuk pasien. "Pasien diharapkan dapat sembuh sepenuhnya," ujar dia.

Pemerintah berupaya memperketat pengawasan dan mengevaluasi protokol kesehatan selama PON di Papua. Wiku meminta seluruh rombongan, kontingen, ofisial, pelatih hingga penonton mewaspadai penularan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, seluruh kontingen diminta membatasi aktivitas di luar pertandingan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement