Menteri Erick Thohir Ingin Buat Pusat Kuliner Indonesia di Luar Negeri

Menteri BUM Erick Thohir menilai, kuliner Indonesia kaya akan rasa dan sudah diakui hingga ke mancanegara. Ia pun bercita-cita membuat hub kuliner Nusantara di luar negeri.
Image title
Oleh Antara
29 November 2021, 07:35
Menteri BUMN, Erick Thohir, bumn, pusat kuliner, kuliner
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memiliki cita-cita untuk membuat sentra (hub) kuliner Indonesia di luar negeri. Ini agar makanan khas Nusantara lebih dikenal di negara lain.

"Salah satu cita-cita saya ialah membuat hub untuk memperkenalkan kuliner Indonesia di luar negeri," ujar Erick Thohir melalui akun resmi Twitter @erickthohir, Minggu (28/11).

Menurut dia, kuliner Indonesia begitu kaya akan rasa, bahkan sudah diakui hingga ke mancanegara.

Advertisement

Ia pun mengajak masyarakat untuk menyarankan kuliner apa yang akan menjadi andalan. "Ada saran makanan apa yang akan jadi andalan?" katanya.

Sebelumnya Erick mengajak pelaku ekonomi kreatif membuat peta jalan atau roadmap industri kreatif setelah Covid-19.

Erick mengatakan, Indonesia Creative Cities Network (ICCN) bersama BUMN akan merekrut konsultan terkait industri apa saja yang masih bertahan ke depan pasca-pandemi corona.

Ia melihat banyak peluang dalam industri kreatif pasca-Covid. Konten misalnya, disebut akan menjadi lokomotif sektor ini. Sedangkan untuk sektor kuliner, makanan sehat dinilai potensial.

Erick menyampaikan, kementerian dan perusahaan BUMN siap mendukung pembentukan roadmap tersebut. Sebab, peta jalan industri kreatif ini juga dalam rangka membantu BUMN berinvestasi kepada pelaku kreatif dan startup.

Namun, Erick memastikan bahwa startup yang dibantu merupakan perusahaan rintisan asli Indonesia.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait