Kepolisian Tutup Kawasan Patung Kuda – Monas Antisipasi Reuni 212

Petugas Polda Metro Jaya memasang barikade di sejumlah titik menuju kawasan Patung Kuda - Monas. Ini guna mengantisipasi kerumunan massa aksi Reuni 212.
Image title
Oleh Antara
2 Desember 2021, 08:06
reuni 212, 212, kepolisian, pengalihan jalan
ANTARA FOTO/Aruna
Suasana aksi reuni 212 di kawasan Monas, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Petugas Polda Metro Jaya memasang barikade di sejumlah titik menuju kawasan Patung Kuda - Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat. Ini guna mengantisipasi kerumunan massa aksi Reuni 212.

Puluhan massa Reuni 212 berselawat saat berkumpul di kawasan perbatasan barikade Jalan H. Agus Salim dan Jalan Kebon Sirih sejak Pukul 06.00 WIB, Kamis (2/12).

Massa memilih berkumpul di lokasi tersebut karena Jalan Merdeka Selatan dan di sekitar kawasan bundaran Patung Kuda dan Monas disterilkan atau tidak ada kendaraan yang boleh melintas.

"Seperti yang dilihat, semangat umat untuk datang itu tidak bisa dibendung. Kami datang ke sini sebenarnya untuk silaturahmi," kata Wakil Korlap Reuni 212 Babe Aldo, saat ditemui di Jalan Kebon Sirih, Jakarta, dikutip dari Antara, Kamis (2/12).

Advertisement

Salah satu warga Tangerang, Andi, mengaku sempat berkumpul di dekat Monas. Namun, aparat kepolisian langsung membubarkan.

"Padahal saya dan teman-teman cuma mau berkumpul di titik temu. Tapi tidak lama langsung dibubarkan. Jadi, di sini saja menunggu teman-teman yang lain,"kata dia.

Berdasarkan pantauan Antara, sejumlah massa Reuni 212 terlihat duduk bersama sambil melantunkan selawat di aspal dengan baju bernuansa putih yang mereka kenakan.

Mereka juga terlihat saling membagikan sarapan di depan kawasan barikade kawat berduri Jalan H. Agus Salim.

Penutupan jalan di kawasan Monas dan Patung Kuda meliputi Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Veteran dan Jalan Museum.

Petugas melakukan rekayasa lalu lintas mulai dari arah Jalan Thamrin menuju Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan menuju Jalan Kebon Sirih.

Kendaraan dari arah Jalan Abdul Muis langsung lurus menuju Harmoni. Ini karena Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Museum tutup.

Sedangkan kendaraan dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Selatan dan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Riswan Rais-Jalan Medan Merdeka Timur atau yang mengarah Gereja Katedral atau Masjid Istiqlal.

Lalu, jalur dari Harmoni dibelokkan ke Jalan Juanda. Sedangkan dari arah barat yakni Tomang diluruskan atau belok ke kiri ke arah Kota Tua.

Petugas memberlakukan penutupan jalan mulai Rabu pukul 24.00 WIB hingga Kamis Pukul 21.00 WIB.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait