Moderna Target Vaksin Booster Khusus Varian Omicron Siap Maret 2022

Cahya Puteri Abdi Rabbi
3 Desember 2021, 08:37
Vaksin Covid-19, Moderna, virus corona, omicron, covid-19, vaksin corona
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Vaksin Covid 19 Moderna

Moderna mengumumkan akan segera memproduksi vaksin booster khusus melawan varian Omicron. Produsen vaksin Covid-19 ini bakal mengajukan izin penggunaan kepada otoritas Amerika Serikat (AS) pada Maret 2022.

Presiden Moderna Stephen Hoge menilai, vaksin booster yang mengandung gen khusus untuk melawan mutasi varian Omicron merupakan cara tercepat untuk mengantisipasi melemahnya efikasi vaksin sebelumnya.

"Kami sudah memulai pembuatan vaksin itu," kata Hoge dikutip dari Reuters, Jumat (3/12).

Moderna juga tengah membuat vaksin multiguna yang bisa dipakai untuk mengantisipasi empat varian virus corona berbeda, termasuk Omicron. Namun butuh beberapa bulan untuk dapat diuji coba.

Hoge menyampaikan, proses pembuatan vaksin Covid-19 khusus Omicron itu bisa memakan waktu sampai empat bulan. Ini karena ada syarat panduan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) yang mewajibkan tahap uji klinis sebelum mendapat izin.

"Vaksin booster khusus Omicron, secara realistis, tidak akan siap sebelum Maret 2022 dan mungkin lebih realistis di kuartal II, kecuali jika FDA mengubah panduan perizinan," ujar Hoge.

Ia menyampaikan, dilihat dari pola mutasinya, varian Omicron mengurangi efikasi vaksin. Dia memperkirakan ada dampak lain jika terpapar virus corona jenis ini.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...