Elektabilitas Ganjar, Anies, Prabowo Bersaing Ketat di Pilpres 2024

Desy Setyowati
5 Desember 2021, 15:24
Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno, prabowo, ganjar pranowo, capres, pilpres 2024
ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa
Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno

Lembaga survei Indikator menyebutkan, 35,5% responden memilih Prabowo Subianto sebagai presiden Indonesia berikutnya. Sebanyak 30% menunjuk Ganjar Pranowo dan 23,7% Anies Baswedan.

Hasil tersebut berdasarkan simulasi hanya tiga nama yang mencalonkan diri. Jika responden diminta memilih secara bebas, nama Joko Widodo (Jokowi) menempati urutan pertama.

“Sebanyak 19,6% memilih Jokowi,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi dalam konferensi pers virtual, Minggu (5/12). Rinciannya sebagai berikut:

Top of Mind pilihan presiden pada November 2021, menurut survei Indikator
Top of Mind pilihan presiden pada November 2021, menurut survei Indikator (Indikator)

Itu berdasarkan hasil survei tatap muka terhadap 2.020 responden pada 2 – 6 November. Sebanyak 1.220 di antaranya merupakan sampel basis dan 800 oversample di 10 provinsi di Sumatera.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel basis 1.220 memiliki toleransi kesalahan (margin of error) 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Sebanyak 50,3% responden tidak tahu ada berita soal wacana kepemimpinan Jokowi tiga periode. Namun 31,4% setuju Jokowi memimpin kembali.

Akan tetapi, Pasal 7 UUD 1945 pasca-amendemen yang mengatur tentang masa jabatan presiden dan wakil presiden (wapres) tidak memungkinkan Jokowi kembali memimpin Indonesia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...