Persiapan G20, Jokowi Minta Renovasi TMII Dipercepat

Rizky Alika
4 Januari 2022, 09:09
jokowi, ktt g20, g20, tmii
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/foc.
Pengunjung keluar dari theater keong mas di TMII, Jakarta, Rabu (7/4/2021).

Sejumlah acara bertaraf internasional bakal digelar di Indonesia, seperti Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun meminta percepatan pembangunan atau renovasi sejumlah infrastruktur, salah satunya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Inftrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Acara Internasional di Provinsi Bali, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Aturan ini berlaku mulai 31 Desember 2021.

"Presiden menugaskan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melaksanakan percepatan pelaksanaan pembangunan atau renovasi infrastruktur dan fasilitas untuk mendukung penyelenggaraan acara internasional," demikian bunyi Pasal 1 Perpres 116/2021, dikutip Selasa (4/1).

Penugasan tersebut meliputi persiapan Presidensi Indonesia dalam KTT G20 di Bali, renovasi TMII di Jakarta, penataan kawasan Mandalika Nusa Tenggara Barat, dan persiapan ASEAN Summit di Tana Mori Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.

Itu bertujuan mendukung Presidensi G20 pada 2022, ASEAN Summit hingga penyelenggaraan acara internasional di Mandalika. Gelaran MotoGP Mandalika pun bakal digelar di Sirkuit Mandalika Lombok pada 18 - 20 Maret.

Dalam penugasan itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menggunakan metode penunjukan langsung dalam proses pengadaan barang atau jasa pemerintah. "Ini sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," demikian tertulis.

Untuk itu, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, maupun pihak lain yang menerima hasil pembangunan diharuskan memberi dukungan berupa:

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...