143 Ribu Warga Jakarta Terima Vaksin Booster Covid-19

Sebanyak 143 ribu lebih warga ibu kota sudah mendapatkan vaksin booster. Pemprov DKI Jakarta menargetkan delapan juta warga memperoleh vaksinasi Covid-19 dosis ketiga.
Image title
Oleh Antara
16 Januari 2022, 13:16
vaksin booster, vaksinasi covid-19, vaksin covid-19
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin dosis ketiga (booster) jenis Pfizer kepada warga di Puskesmas lima Ilir, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (13/1/2022).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan, 143.020 orang telah menerima suntikan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga. Pemberian vaksin booster ini dilakukan sejak pekan lalu (12/1).

"Vaksin booster yang sudah disuntikkan sebanyak 143.020 sejak Rabu hingga kemarin (15/1)," kata Ahmad Riza di Jakarta Selatan, dikutip dari Antara, Minggu (16/1).

Sebanyak 74.020 di antaranya merupakan tenaga kesehatan. Sedangkan sisanya masyarakat umum.

Advertisement

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menargetkan sekitar delapan juta warga mulai usia 18 tahun ke atas mendapatkan vaksin booster. Namun warga lanjut usia menjadi prioritas untuk memperoleh vaksin Covid-19 dosis ketiga.

Ia mengimbau masyarakat lanjut usia untuk segera mendatangi sentra vaksinasi Covid-19 guna mempercepat distribusi vaksin booster. "Khususnya bagi para lansia, orang tua, kakek, nenek yang belum, disegerakan. Bantu untuk didaftarkan dan di antar supaya mendapatkan vaksin," ujar Riza.

Jenis vaksin yang diberikan menyesuaikan dengan ketersediaan di Puskesmas. Selain itu, dapat dilakukan kombinasi sesuai ketentuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yakni:

  • Penerima vaksin 1 dan 2 jenis Sinovac dapat disuntik vaksin booster jenis Pfizer 1/2 dosis (0,15 cc)
  • Penerima vaksin 1 dan 2 jenis Sinovac dapat disuntik vaksin booster jenis AstraZeneca 1/2 dosis (0,25cc)
  • Penerima vaksin 1 dan 2 jenis AstraZeneca dapat disuntik vaksin booster jenis Moderna 1/2 dosis (0,25 cc)

Masyarakat bisa memeriksa status, tiket dan jadwal vaksinasi booster Covid-19 di aplikasi PeduliLindungi. Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke aplikasi PeduliLindungi
  • Klik fitur profil, yang berada di kiri atas atau di samping Nama
  • Pilih menu Status Vaksinasi dan Hasil Tes Covid-19, maka akan muncul informasi vaksin Covid-19 dosis ketiga
  • Informasi vaksin Covid-19 dosis ketiga muncul jika yang bersangkutan terakhir kali memperoleh vaksin dosis kedua maksimal enam bulan sebelumnya
  • Keluar dari menu Status Vaksinasi dan Hasil Tes Covid-19
  • Lalu pilih Riwayat dan Tiket Vaksin, maka akan muncul kode Quick Response (QR Code) berisi tiket vaksin booster
  • Tiket tersebut bisa ditunjukkan ke petugas puskesmas untuk vaksinasi dosis ketiga

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait