Kementerian Agama Setop Sementara Penerbangan Jemaah Umrah

Image title
Oleh Antara
16 Januari 2022, 17:15
umrah, jemaah umrah, arab saudi, omicron
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Calon jemaah umrah berjalan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/1/2022).

Kementerian Agama (Kemenag) menghentikan sementara penerbangan jemaah umrah mulai Sabtu (15/1). Ini dalam upaya mengevaluasi skema One Gate Policy (OGP), termasuk memantau perkembangan varian Omicron di Indonesia dan Arab Saudi.

"Kami akan mengkaji konsep OGP secara menyeluruh dengan melihat perkembangan yang terjadi, di saat virus corona Omicron makin berkembang di beberapa negara termasuk Indonesia dan Arab Saudi," ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman dalam siaran pers, Minggu (16/1).

Pemberangkatan jemaah umrah selama pandemi corona sudah berjalan delapan hari sejak penerbangan perdana pekan lalu (8/1). Sekitar 1.731 jemaah telah berangkat melalui Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede Jakarta.

Skema OGP mewajibkan seluruh jemaah umrah yang tiba di Asrama Haji Pondok Gede langsung melakukan penapisan (screening) kesehatan dan kelengkapan dokumen.

Ia menjelaskan jemaah umrah yang berangkat 8 Januari akan kembali ke Indonesia besok (17/1). Saat tiba di Indonesia, Kemenag akan mengevaluasi dan melihat ada atau tidaknya jemaah yang terdeteksi virus corona Omicron.

"Jemaah umrah akan diberangkatkan sampai Sabtu (15/1). Kami mencoba untuk menghentikan sementara dalam rangka evaluasi," kata dia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...