Menkes: Jakarta Jadi Medan Perang Pertama Hadapi Covid-19 Omicron

Image title
Oleh Antara
16 Januari 2022, 19:42
jakarta, omicron, covid-19, virus corona,
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Kusir menunggu calon penumpang delman di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (31/12/2020).

Pemerintah mencatat, kasus virus corona varian Omicron di Indonesia mencapai 572 per akhir pekan lalu (14/1). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, DKI Jakarta menjadi medan perang pertama untuk menghadapi varian anyar Covid-19 ini.

"Sekitar 90% transmisi lokal (Omicron) terjadi di Jakarta. Jadi kami harus mempersiapkan khusus DKI Jakarta sebagai medan perang pertama menghadapi Omicron," kata Budi di kantornya di Jakarta, dikutip dari Antara, Minggu (16/1).

Ia mengatakan, dalam rapat terbatas dengan topik Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), puncak kasus Covid-19 gelombang Omicron diperkirakan 35 – 65 hari dari sekarang. Rapat ini dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Perkiraan itu tergantung dilihat dari mana. Kasus Omicron di Indonesia pertama terindentifikasi akhir Desember 2021. Tetapi kasus mulai naik awal Januari,” kata dia.

Kasus Covid-19 Omicron pertama di Indonesia teridentifikasi akhir tahun lalu (15/12/2021) yaitu satu pekerja di Wisma Atlet. Pasien ini tidak mengalami gejala virus corona.

Menurut Budi, di sejumlah negara yang sudah terkena Covid-19 varian Omicron, tingkat perawatan di rumah sakit mencapai 30% - 40% dibanding gelombang Delta.

"Walaupun kenaikan cepat dan tinggi, tingkat perawatan di rumah sakit lebih rendah dibanding Delta,” ujar Budi. Namun dia meminta masyarakat tetap waspada.

Saat ini, ada lebih dari 500 orang dirawat di rumah sakit akibat terpapar Covid-19 varian Omicron. Sekitar 300 di antaranya sudah kembali ke rumah masing-masing.

“Yang membutuhkan oksigen tiga orang. Ini pun ringan. Tidak sampai memakai ventilator. Jadi tidak perlu dimasukkan ke mulut. Dua di antaranya sudah sembuh dan pulang," ujar Budi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...