Cina Luncurkan Vaksin Covid-19 Sekali Suntik Convidecia

Desy Setyowati
30 Januari 2022, 15:17
vaksin covid-19, vaksin booster, vaksin corona, virus corona, covid-19, cina, tiongkok
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin booster saat penyuntikan vaksin di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Produsen vaksin virus corona asal Cina, CanSino SPH Biologics Inc meluncurkan Convidecia pada Kamis waktu setempat (27/1). Vaksin Covid-19 ini hanya butuh sekali suntik atau satu dosis.

“Itu satu-satunya vaksin Covid-19 dosis tunggal di antara tujuh vaksin yang disetujui di Cina untuk melawan virus corona baru," kata salah satu pendiri sekaligus kepala petugas ilmiah CanSino Zhu Tao dikutip dari ChinaDaily, Sabtu (29/1).

CanSino mendapat persetujuan untuk memasarkan Convidecia pada Februari 2021. Vaksin Covid-19 ini menawarkan perlindungan total dalam 14 hari.

Otoritas kesehatan menilai bahwa vaksin corona satu dosis dapat memfasilitasi vaksinasi massal lebih cepat dan nyaman bagi individu yang memiliki jadwal ketat atau mobilitas terbatas.

Awal tahun lalu, CanSino, Shanghai Pharmaceuticals Holding Co, dan Shanghai Biomedical Industry Equity Investment Fund menandatangani perjanjian usaha patungan untuk mendirikan CanSino SPH.

CanSino SPH membangun fasilitas produksi seluas 50 ribu meter persegi di Baoshan. "Butuh waktu kurang dari 10 bulan dari mendirikan usaha patungan hingga memproduksi vaksin," kata Gubernur distrik Baoshan Gao Yiyi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...