Freeport, TNI, Polri Perbaiki Sarana Air Bersih di Kampung Mimika

Desy Setyowati
8 Februari 2022, 20:41
freeport, papua, air bersih, listrik, listrik papua
Arief Kamaludin | Katadata
Logo Freeport Indonesia

PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama TNI, Polri, dan Kepala Kampung Waa Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua memperbaiki infrasruktur air bersih dan instalasi listrik setempat. Perbaikan selesai akhir 2021.

Waa Banti merupakan kampung yang berlokasi lima kilometer dari area operasi Freeport Indonesia. Warga di sana sempat meninggalkan kampung pasca-gangguan keamanan.

Mereka kembali ke kampung pada awal 2021, namun mengalami kesulitan air bersih dan listrik pada malam hari. Ini karena mayoritas infrastruktur rusak.

“Freeport memberi perhatian, mendukung pembangunan dan perbaikan fasilitas ini agar masyarakat nyaman tinggal di kampung halaman,” kata Vice President Sustainable Development Freeport Indonesia Nathan Kum dalam keterangan pers, Selasa (8/2).

Freeport Indonesia mengeluarkan US$ 500 ribu atau lebih dari Rp 7 miliar untuk pembangunan dan perbaikan fasilitas air bersih dan listrik tahun lalu.

Pembangunan itu bukan tanpa hambatan. Pembuatan dam atau bak air di daerah Opitogong misalnya, harus menempuh jarak sekitar lima kilometer dari perkampungan. Letaknya di atas bukit dengan kondisi akses jalan terjal dan berlumpur.

“Perjalanan para pekerja untuk sampai ke dam tersebut membutuhkan minimal 1,5 jam sekali jalan. Ini merupakan tantangan tersendiri,” ujar Group Leader Community Infrastructure Freeport Indonesia Rolly Nelwan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...