Rudal Rusia Gempur Kota Vasylkiv di Ukraina, Depot Minyak Terbakar

Desy Setyowati
27 Februari 2022, 13:07
rusia, ukraina, konflik rusia - ukraina, konflik rusia, depok minyak
ANTARA/Reuters/Gleb Garanich/aww
Bangunan apartemen rusak akibat hantaman rudal di Kiev, Rusia, Sabtu (26/2/2022).

Rusia menggempur kota Vasylkiv, Ukraina yang berada di barat daya ibu kota Kiev, dengan beberapa rudal. Hal ini menyebabkan depot minyak terbakar.

"Musuh ingin menghancurkan semuanya," kata wali kota setempat Natalia Balasinovich lewat video yang diunggah di internet, dikutip dari Reuters, Minggu (27/2).

Unggahan foto dan video memperlihatkan kobaran api besar membumbung di bawah langit malam.

Otoritas meminta warga agar berhati-hati dengan asap beracun.

Separatis pro-Rusia di provinsi Luhansk, Ukraina, pada Minggu pagi mengatakan bahwa depot minyak meledak akibat rudal Ukraina di kota Rovenky. "Hal itu memicu ledakan besar," kata para pejabat.

Serangan dilakukan ketika Amerika Serikat (AS), Komisi Eropa, Prancis, Jerman, Italia, Inggris, dan Kanada mengumumkan sanksi baru bagi Rusia. Mereka mengeluarkan bank-bank Rusia tertentu dari SWIFT.

Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication atau SWIFT merupakan jaringan keamanan tinggi yang menghubungkan ribuan lembaga keuangan di seluruh dunia. Ini adalah sistem pesan yang memungkinkan bank memindahkan uang dengan cepat dan aman, mendukung triliunan dolar dalam arus perdagangan dan investasi.

Keluarnya beberapa bank dari SWIFT dipandang sebagai hukuman finansial yang sangat berat, karena berada di jantung sistem perbankan. Sanksi ini membatasi akses bank-bank Rusia ke aliran uang global sehingga mempersulit bisnis untuk mengekspor atau mengimpor, atau untuk membiayai diri mereka sendiri dari luar negeri.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...