Cina Tolak Pasok Suku Cadang Pesawat ke Rusia

Desy Setyowati
11 Maret 2022, 20:31
cina, rusia, ukraina, boeing, airbus
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins/wsj/dj
Presiden Cina Xi Jinping berjalan melewati para pejabat yang menggunakan masker ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) saat tiba untuk sidang pembuka Konferensi Permusyawaratan Kongres Rakyat Nasional (KRN) di Balai Agung Rakyat di Beijing, Cina, Jumat (22/5/2020).

Cina menolak untuk memasok suku cadang pesawat kepada maskapai penerbangan Rusia. Boeing (BA.N) dan Airbus (AIR.PA) lebih dulu melakukan hal serupa, sebagai sanksi karena Moskow menginvasi Ukraina.

Sektor penerbangan Rusia pun semakin tertekan oleh sanksi negara-negara Barat. Kementerian Luar Negeri Rusia memperingatkan bahwa keselamatan penerbangan penumpang berada dalam ancaman akibat terbatasnya pasokan suku cadang.

Advertisement

Pejabat Rosaviatsia, otoritas penerbangan federal Rusia, Valery Kudinov mengatakan, pemerintah akan mencari peluang untuk mendapatkan suku cadang dari negara-negara, termasuk Turki dan India, setelah gagal mendapatkannya dari Cina.

Dia juga mengatakan, perusahaan-perusahaan Rusia mendaftarkan pesawat mereka ke luar negeri, setelah Moskow mendapatkan sanksi dari AS dan Uni Eropa. “Dia memperkirakan, beberapa pesawat lainnya dikembalikan ke perusahaan leasing,” demikian dikutip dari Reuters, Kamis (10/3).

Secara terpisah, rancangan undang-undang yang diterbitkan pada Kamis menunjukkan rencana pemerintah Rusia memerintahkan maskapai penerbangan domestik membayar pesawat sewaan dalam rubel.

Selain itu, pemerintah berencana membuat kebijakan yang dapat melarang maskapai penerbangan mengembalikan pesawat ke perusahaan asing jika sewa dibatalkan.

Sebelumnya, produsen pesawat yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Boeing dan asal Prancis, Airbus menghentikan pasokan suku cadang kepada maskapai penerbangan Rusia.

Padahal sebelumnya, Boeing memiliki kontrak dengan perusahaan asal Rusia, VSMPO-AVISMA, untuk mengimpor logam yang berguna bagi produksi pesawat, yaitu titanium.

Bahan baku titanium digunakan untuk memproduksi berbagai komponen bagian pesawat, seperti roda pendaratan (landing gear).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement