‘Diancam’ AS jika Bantu Rusia, Presiden Cina Tak Salahkan Putin

Desy Setyowati
20 Maret 2022, 11:47
Xi Jinping, Joe Biden, rusia, ukraina, amerika, cina,
Antara
Xi Jinping dan Joe Biden

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memperingatkan Presiden Cina Xi Jinping jika Beijing membantu Rusia yang tengah menginvasi Ukraina. Dalam pembicaraan melalui telepon, Xi menolak untuk secara langsung menyalahkan Presiden Rusia Vladimir Putin atau Kremlin.

Keduanya melakukan panggilan telepon hampir dua jam pada Jumat (18/3). Joe Biden berbicara soal implikasi dan konsekuensi jika Cina memberikan dukungan material kepada Rusia yang menyerang Ukraina.

Advertisement

"Presiden menggarisbawahi dukungannya untuk resolusi diplomatik terhadap krisis tersebut. Kedua pemimpin juga sepakat tentang pentingnya menjaga jalur komunikasi yang terbuka, untuk mengelola persaingan antara kedua negara," kata Gedung Putih dalam pernyataan resmi, dikutip dari Reuters, Sabtu (19/3).

Seorang pejabat senior administrasi mengatakan, Joe Biden mengingatkan Xi soal konsekuensi jika Cina membantu Rusia. Dampak yang dimaksud bukan hanya terkait hubungan Tiongkok dan Amerika Serikat, tetapi juga dunia.

“Presiden benar-benar menjelaskan dengan sangat rinci tentang tanggapan terpadu, tidak hanya dari pemerintah di seluruh dunia, tetapi juga sektor swasta, terhadap agresi brutal Rusia di Ukraina,” kata pejabat itu dikutip dari The Guardian.

“Presiden menjelaskan bahwa kemungkinan akan ada konsekuensi bagi mereka yang bakal turun tangan untuk mendukung Rusia saat ini,” tambah dia.

Biden tidak membuat permintaan langsung apapun kepada Xi untuk membujuk Putin agar mengakhiri serangan ke Ukraina. “Dia (hanya) memaparkan penilaiannya tentang situasi dan implikasi dari tindakan tertentu,” ujarnya.

“Pandangan kami adalah bahwa Cina akan membuat keputusannya sendiri,” tambah dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement