Marc Marquez Tak Ikut Balapan MotoGP Mandalika karena Kecelakaan

Marc Marquez dinyatakan tidak bisa mengikuti balapan Grand Prix of Indonesia MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Minggu (20/3). Dia mengalami kecelakaan saat sesi pemanasan.
Desy Setyowati
20 Maret 2022, 13:28
Marc Marquez, motogp
ANTARA FOTO/Andika Wahyu
Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez bersiap mengikuti sesi uji coba pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Pembalap tim Repsol Honda Marc Marquez dinyatakan tidak bisa mengikuti balapan Grand Prix of Indonesia MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Minggu (20/3). Hal ini karena dia mengalami kecelakaan saat sesi pemanasan.

Marquez mengalami highside hingga terpelanting dari motornya di Tikungan 7. Motor RC213V pembalap ini pun mengalami rusak parah akibat benturan saat melaju dengan kecepatan cukup tinggi di tikungan.

Pembalap Spanyol itu dapat berdiri dan berjalan setelah kecelakaan tersebut. Namun ia harus menjalani pemeriksaan medis di paddock sebelum dibawa medical officer ke rumah sakit.

Pembalap MotoGP #93 Marc Marquez pun dibawa ke rumah sakit Mataram untuk check-up. Namun Marquez dinyatakan gegar otak akibat kecelakaan tersebut.

Advertisement

"Juara Dunia delapan kali itu absen dari balapan Minggu karena gegar otak yang diderita setelah kecelakaan pemanasan yang hebat," demikian dikutip dari laman resmi MotoGP, Minggu (20/3). Marquez akan berfokus pada balapan Grand Prix Argentina.

Kecelakaan highside yakni ketika ban belakang motor selip atau terpeleset. Kemudian mencengkeram lintasan lagi untuk memicu daya lecut ke arah sebaliknya.

Daya itu membuat para pembalap kehilangan kendali motor dan terlontar ke udara.

Sedangkan lowside, biasa terjadi ketika ban belakang motor terus berputar atau tergelincir sampai akhirnya kehilangan daya cengkeram tanpa mendapatkan traksi.

Sebelumnya, Marquez juga mengalami dua kali kecelakaan saat sesi kualifikasi pertama (Q1). Setelah beberapa kali slide, Marquez mengalami lowside dan terjatuh di Tikungan 13.

Saat itu, tersisa waktu lima menit sebelum bergegas kembali ke garasi untuk berganti motor dan kembali ke trek.

Marquez berupaya mengejar, namun ia kembali terjatuh karena lowside di Tikungan 12. Dia pun meluapkan amarahnya di atas gravel. Gravel adalah area besar yang diisi batu-batu kerikil dan cukup dalam.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait