Tiga Kosmonaut Rusia Pakai Baju Berwarna Mirip Bendera Ukraina

Desy Setyowati
20 Maret 2022, 16:43
Rusia, Ukraina
YouTube The Guardian
Tiga kosmonaut Rusia memakai setelan berwarna mirip bendera Ukraina

Tiga kosmonaut Rusia yakni Oleg Artemyev, Denis Matveyev dan Sergey Korsakov tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Mereka mengenakan setelan berwarna kuning dengan aksen biru, yang mirip dengan bendera Ukraina.

Setelan ketiganya menimbulkan pertanyaan tentang apakah mereka menunjukkan solidaritas terhadap Ukraina atau ada penjelasan lain.

Advertisement

Beberapa berspekulasi bahwa ketiganya mungkin memberi penghormatan kepada Universitas Teknik Negeri Bauman Moskow. Almamater perguruan tinggi ini kuning dan biru.

Kepala Roscosmos, badan antariksa Rusia, mengunggah gambar di Telegram dari liputan media yang berspekulasi bahwa kosmonaut mendukung Ukraina. “Di sini beberapa bandit pengecut dan sponsor Anglo-Saxon, mereka tidak tahu apa lagi yang harus dilakukan dalam perang informasi melawan Rusia,” katanya dikutip dari CNN Internasional, Sabtu (19/3).

“Kadang-kadang warna kuning hanya warna kuning. Pakaian awak baru dirancang agar sesuai dengan warna lambang Universitas Teknik Negeri Bauman Moskow, tempat ketiga kosmonaut lulus,” tulis pejabat Roscosmos lainnya di channel tertutup di Telegram.

“Desain seragam dikoordinasikan jauh sebelum peristiwa terkini. Melihat bendera Ukraina di mana-mana dan dalam segala hal hanyalah sebuah klinik (dalam propaganda)," tambah dia.

Kosmonaut biasanya memilih pakaian penerbangan beberapa bulan sebelum keberangkatan. Ini artinya, warna setelan mereka sudah ditetapkan sebelum invasi Rusia ke Ukraina.

Akan tetapi, tidak jelas kapan kosmonaut memilih skema warna kuning dan biru itu. "Untuk penerbangan Soyuz, biasanya kru bertemu dengan perusahaan yang membuat setelan itu berbulan-bulan sebelum penerbangan," kata seorang astronaut NASA yang terbang dengan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia ke ISS.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement