Operasi Ketupat Jelang Mudik, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Image title
20 April 2022, 08:31
mudik, mudik lebaran, lebaran, operasi ketupat
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/nym.
Sejumlah santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur turun dari bus setibanya di Terminal Mengwi, Badung, Bali, Selasa (19/4/2022).

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan melaksanakan Operasi Ketupat 2022 untuk pengamanan momen mudik Hari Raya Idul Fitri. Ini akan digelar selama 12 hari, mulai Kamis (28/4) hingga Senin (9/5).

Sehari sebelumnya, yaitu Rabu (27/4) akan dilaksanakan gelar pasukan.

Operasi Ketupat tahun ini juga akan melibatkan personel gabungan dari beberapa instansi, yaitu Tentara Nasional Indonesia (TNI), Pemerintah Daerah (Pemda), dan stakeholder atau pemangku kebijakan lainnya.

Secara keseluruhan, jumlah personel gabungan yang akan dikerahkan dalam Operasi Ketupat mencapai 144.392. Rinciannya yakni:

  • 876 Polri
  • 87.004 Kepolisian Daerah (Polda)
  • 56.512 dari instansi-instansi terkait lain

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan, Operasi Ketupat tahun ini dilakukan dengan mengutamakan rekayasa lalu lintas.

Mekanisme rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan, yaitu one way atau satu arah dan ganjil-genap, khususnya pada beberapa ruas jalan tol. “Operasi Ketupat tahun ini mengedepankan kelancaran pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran melalui rekayasa lalu lintas,” ujar Ramadhan, Selasa (19/4).

Ramadhan menjelaskan, terdapat enam titik bottleneck atau penyempitan jalan yang berpotensi menyebabkan kemacetan saat arus mudik lebaran dan balik. Terkait dengan arus mudik, terdapat empat titik, yaitu:

  1. Ruas jalan tol Tangerang-Merak mulai dari kilometer 26 atau Gerbang Tol Bitung
  2. Ruas jalan tol Cikampek kilometer 31 sampai 37
  3. Ruas jalan tol Cikampek kilometer 48 sampai 50
  4. Ruas jalan tol Cikampek kilometer 70 sampai 72 atau Gerbang Tol Cikatama

Sedangkan terkait arus balik, terdapat dua titik penyempitan jalan, yaitu:

  1. Ruas jalan tol arah Jakarta kilometer 66 sampai 62
  2. Ruas jalan tol arah Jakarta kilometer 50 sampai kilometer 54 lebih 500 meter

Sebagai upaya mengatasi kemacetan yang telah diprediksi, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan mulai Kamis (28/4) pada Pukul 17.00 WIB. Sejak saat itu, peraturan ganjil-genap akan berlaku di ruas jalan tol Cikampek kilometer 47 sampai Gerbang Tol Kalikampung, Semarang kilometer 414.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...