Larangan Ekspor CPO Dicabut, Ini Harapan Petani Sawit

Desy Setyowati
19 Mei 2022, 21:47
petani sawit, ekspor cpo, cpo, minyak goreng, jokowi
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) melakukan aksi unjuk rasa di wilayah Patung Kuda, Jakarta, Selasa, (17/5/2022).

Organisasi Petani Kelapa Sawit Indonesia mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena mencabut larangan ekspor CPO atau minyak sawit mentah. Kebijakan ini akan berlaku mulai pekan depan (23/5).

Asosiasi itu terdiri dari Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), Apkasindo Perjuangan, Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FORTASBI), dan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Perkebunan Inti Rakyat (ASPEKPIR).

Selain itu, Perkumpulan Forum Petani Kelapa  Sawit Jaya Indonesia (POPSI), Serikat Petani Indonesia (SPI), dan Jaringan Petani Sawit Berkelanjutan Indonesia (Japsbi).

Ketua Umum APKASINDO Perjuangan Alpian Arahman mengatakan, kebijakan pembukaan kembali ekspor CPO akan menormalkan tata niaga sawit Tandan  Buah Segar (TBS) petani sawit di seluruh Indonesia.

Sektor itu sempat terkena dampak dari penurunan harga secara drastis di bawah rata-rata Rp 2 ribu per kilogram (kg). Selain itu, pembatasan pembelian TBS yang dilakukan oleh beberapa perusahaan di sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Sedangkan harga CPO dapat dilihat pada Databoks di bawah ini:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...