Mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris Meninggal, Ini Profilnya

Mantan Menteri Perindustrian era SBY Fahmi Idris meninggal dunia hari ini (22/5). Ia pernah menjabat Ketua DPP Partai Golkar.
Desy Setyowati
22 Mei 2022, 14:52
Fahmi Idris, kementerian perindustrian, golkar
Antara
Fahmi Idris

Mantan Menteri Perindustrian di Kabinet Indonesia Bersatu Fahmi Idris meninggal dunia di Jakarta, pada Minggu (22/5). Ia wafat pada Pukul 10.00 WIB di ruang ICU RS Medistra.

Kabar duka itu diketahui dari cuitan akun Twitter resmi milik anak Fahmi Idris, yakni Fahira Idris pada Pukul 10:37 WIB. "Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah berpulang ke Rahmatullah. Ayah saya, Bp. Prof. Dr. H. Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo @fahmiidris1," tulis Fahira Idris melalui akun Twitter @fahiraidris, Minggu (22/5).

Almarhum akan disemayamkan di Rumah Duka, Mampang Prapatan IV Nomor 20, Jakarta Selatan. Rencananya, Fahmi Idris akan disemayamkan di Tanah Kusir Pukul 13.00 WIB.

"Mohon dimaafkan Ayah Fahmi Idris jika selama hidup memiliki salah dan khilaf. Wassalamualaikum Wr Wb," tulis Fahira.

Advertisement

Semasa hidup, Fahmi Idris pernah bergabung dengan Partai Golkar pada 1984. Dia juga menduduki jabatan penting sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar pada periode pengurusan 1998 - 2004.

Saat menjadi Ketua DPP Golkar, Fahmi menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) dalam Kabinet Reformasi Pembangunan di bawah pemerintahan Presiden BJ Habibie. Ia menjabat sejak 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999.

Fahmi kemudian dipercayakan untuk menjabat Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabinet Indonesia Bersatu saat kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Fahmi lalu menjabat sebagai Menteri Perindustrian sejak 5 Desember 2005 hingga 20 Oktober 2009.

Selain menjabat di pemerintahan, Fahmi Idris juga berkiprah di bidang bisnis. Ia mendirikan PT Kwarta Daya Pratama pada 1966.

Kemudian, ia mendirikan Kongsi Delapan (Kodel Group) pada 1979. Fahmi menjabat sebagai direktur utama.

Kodel Group adalah perusahaan yang didirikan bersama Aburizal Bakrie, Soegeng Sarjadi, Abdul Latief, dan Pontjo Sutowo. Kodel mengelola usaha agrobisnis, perdagangan, perbankan, minyak, dan hotel.

Pada 1988, Kodel membangun Hotel The Regent yang kini bernama Four Seasons Jakarta, di Setiabudi, Jakarta Selatan. Fahmi kemudian membangun hotel bernama Regent Beverly Whilshie di California, Amerika Serikat (AS).

Fahmi Idris lahir di Jakarta, pada 20 September 1943. Orang tuanya merupakan suku Minangkabau.

Ia menikah dengan Kartini dan dikaruniai dua orang putri. Keduanya yakni Fahira Fahmi Idris dan Fahrina Fahmi Idris.

Kartini meninggal dunia pada Februari 2014. Fahmi kemudian menikah dengan Yeni Fatmawati pada 2015.

Putri Fahmi, yakni Fahira merupakan anggota DPD RI. Sedangkan Fahrina, seorang pengusaha dan menjabat Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI).

Fahmi menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) pada 1962 – 1969. Ia kuliah lagi di Fakultas Ekonomi Universitas Islam As-Syafiiyah Jakarta selama 1999 – 2004.

Pada 2008, ia menempuh program S2 Hukum Bisnis di Universitas Padjajaran dan meraih gelar Magister Hukum pada 2010.

Ia kemudian meraih gelar doktor bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dari Universitas Negeri Jakarta pada 2012.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait