Finlandia Daftar Gabung NATO, Rusia Setop Ekspor Gas

Desy Setyowati
22 Mei 2022, 10:14
Presiden Rusia Vladimir Putin, rusia, ukraina, finlandia, ekspor gas, gas, ekspor
123rf.com
Presiden Rusia Vladimir Putin

Rusia menghentikan ekspor gas ke negara tetangga Finlandia mulai Sabtu (21/5). Ini dilakukan beberapa hari setelah Finlandia mendaftarkan diri untuk menjadi anggota NATO.

NATO merupakan kependekan dari North Atlantic Treaty Organization atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara. NATO adalah organisasi aliansi militer untuk tujuan keamanan bersama yang terdiri dari dua negara di Amerika Utara, 27 Eropa, dan satu Eurasia.

Setelah pengumuman pendaftaran tersebut, perusahaan gas raksasa Rusia Gazprom mengonfirmasi sepenuhnya menghentikan ekspor ke Finlandia pada Pukul 04:00 GMT, Sabtu (21/5).

“Kami telah mempersiapkan situasi ini dengan hati-hati dan asalkan tidak ada gangguan pada jaringan transmisi gas, kami akan dapat memasok semua pelanggan dengan gas dalam beberapa bulan mendatang," kata CEO Gasum Mika Wiljanen dalam pernyataan, dikutip dari CNA, Sabtu (21/5).

Finlandia mengatakan, semua pengiriman telah dihentikan. Namun mereka memastikan pelanggan tidak terpengaruh, walaupun negara ini mengimpor gas dari Rusia selama hampir 50 tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...