Amerika Serikat Masukkan Puluhan Perusahaan Rusia ke Daftar Hitam

Desy Setyowati
3 Juni 2022, 08:42
amerika, rusia, ukraina
Pixabay/Rabbimichoel
Ilustrasi New York Stock Exchange

Amerika Serikat menambahkan 71 entitas Rusia dan Belarusia ke dalam daftar hitam perdagangan, termasuk beberapa pabrik pesawat terbang dan galangan kapal, serta lembaga penelitian.

Pembatasan ekspor merupakan salah satu dari serangkaian sanksi baru yang dijatuhkan Amerika kepada Rusia, terkait perang di Ukraina. Negeri Paman Sam juga menambah daftar oligarki dan anggota elit Moscow.

Advertisement

Sedangkan entitas yang baru masuk daftar hitam perdagangan AS seperti unit Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, termasuk A.A. Kharkevich Institute for Information Transmission Problems dan V.A. Trapeznikov Institute of Control Sciences.

“Selain itu, produsen pesawat penumpang dan kargo terbesar di Rusia, Voronezh Joint Stock Aircraft Company,” menurut beberapa laporan penelitian dikutip dari Antara, Jumat (3/6).

Kemudian, Irkutsk Aviation Plant yang telah memproduksi hampir 7.000 pesawat dengan lebih dari 20 jenis sejak 1934. Perusahaan ini juga membuat pesawat MC-21.

Lalu, Ilyushin Aviation Complex Branch, St. Petersburg Shipbuilding Institution dan Special Research Bureau for Automation of Marine Researches Far East Branch Russian Academy of Sciences.

Secara total, Departemen Perdagangan AS telah menambahkan 322 entitas yang mendukung militer Rusia, ke daftar hitam sejak Februari.

"AS dan mitra internasional kami telah menerapkan pembatasan kuat dan menyeluruh atas kemampuan Rusia untuk mendapatkan barang dan teknologi yang dibutuhkan guna mempertahankan agresi militernya," kata Wakil Menteri Perdagangan untuk Industri dan Keamanan Alan Estevez.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement