Respons Demokrat soal Kader Kabur ke Papua Nugini saat Diincar KPK

Image title
18 Juli 2022, 06:26
partai demokrat, demokrat, kpk, korupsi
ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/YU
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan pidato saat menghadiri acara pelantikan pengurus DPD Partai Demokrat Sumatera Utara di Medan, Kamis (12/5/2022).

Partai Demokrat sangat menyayangkan kadernya yang kabur saat hendak dijemput paksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kader yang dimaksud yakni Bupati Membramo Tengah Ricky Ham Pagawak.

Ricky Ham Pagawak diduga terlibat kasus suap dan gratifikasi.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyampaikan, sikap Ricky yang pergi ke Papua Nugini saat akan diperiksa KPK, tidak sesuai etika dan fatsun politik sebagai kader Demokrat.

Ia meminta Ricky menghadapi permasalahan hukum yang menimpanya secara ksatria.

“Jika benar informasi bahwa beliau kabur ke PNG (Papua Nugini), maka kami ingatkan bahwa melarikan diri tak akan menyelesaikan masalah. Ini justru hanya menambah masalah,” kata Kamhar dalam keterangan resmi, Minggu (17/7).

Oleh sebab itu, pihak Demokrat meminta Ricky mengindahkan dan menghadiri panggilan KPK.

Partai Demokrat juga tidak akan lepas tangan terkait hal itu. “Kami akan memonitor agar proses hukumnya profesional dan adil,” ujarnya.

Kamhar menyampaikan, Partai Demokrat menghormati putusan aparat penegak hukum. Sebagai partai yang beberapa kadernya terjerat kasus hukum, ia menyatakan bahwa semuanya sama di mata hukum.

“Bahkan kader utama partai sekalipun, tak ada pengecualian,” katanya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...