Penyidik Enggan Ungkap Seluruh Bukti Kasus Baku Tembak Polisi

Image title
20 Juli 2022, 07:37
Irjen Ferdy Sambo, polisi, baku tembak, baku tembak polisi
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Polisi berjaga di depan rumah dinas Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo pascaperistiwa baku tembak dua ajudannya di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (12/7/2022) malam.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyampaikan bahwa penyidikan kasus baku tembak antara dua anggota polisi masih berlanjut. Namun hasil penyidikan secara penuh baru akan disampaikan dalam proses persidangan.

Di satu sisi, kepolisian menyebutkan bahwa Brigadir J diduga melakukan pelecehan seksual terhadap eks Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Irjen Ferdy Sambo, yakni Putri Candrawathi.

Sebelumnya polisi mengungkapkan Brigadir J meninggal dalam baku tembak dengan Bharada E. 

Namun Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa bukti baru akan disampaikan dalam persidangan. Namun dia tidak memerinci persidangan apa yang dimaksud.

Ia juga menyampaikan, penyidik juga sudah memeriksa saksi dan ahli untuk proses pembuktian ilmiah.

“Seluruh alat bukti akan dihadirkan oleh penyidik. Itu akan diuji dalam proses persidangan,” kata Dedi di Mabes Polri, Selasa malam (19/7).

Terkait penyitaan mobil dan rekaman CCTV yang membuktikan perjalanan Brigadir J dari Magelang, masih akan dipertimbangkan oleh tim penyidik. Tim akan melakukan asesmen untuk mengetahui bahwa benda ini dapat dijadikan barang bukti atau tidak.

“Untuk menghindari spekulasi yang berkembang, tentunya apa yang diinginkan, apa yang diharapkan, dan terkait masalah suatu peristiwa pidana tertentu, pasti penyidik akan melakukan,” kata dia.

Sedangkan keluarga Brigadir J merasa janggal terhadap proses penyidikan perkara tersebut. Keanehan tecermin dari tidak adanya pihak yang ditangkap atau diamankan.

Selain itu, tidak langsung dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan pemasangan police line.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...