Jokowi, Anies, JK Sampaikan Duka Atas Wafatnya Prof Azyumardi Azra

Ade Rosman
19 September 2022, 09:24
Dewan Pers, jokowi, anies baswedan, jusuf kalla, Azyumardi Azra
Antara
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra

Presiden Joko Widodo (Jokowi), mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas hingga Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra.

“Prof Azra bukan hanya asyik dengan buku, tetapi juga berkecimpung di masyarakat. Berbagai organisasi sosial dan profesi aktif diikuti, termasuk sebagai ketua dewan pers,” kata Cholil dalam keterangan tertulis, Minggu (18/9).

“Almarhum adalah intelektual muslim par exellence yang selalu menyuarakan moderasi beragama dalam karya-karyanya,” tambah dia.

Azyumardi Azra juga dikenal sebagai salah satu tokoh cendekiawan muslim Indonesia. Cholil mengatakan, Azyumardi sangat produktif dan konsisten dalam menghasilkan karya.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun mengirimkan karangan bunga ucapan belasungkawa ke rumah duka almarhum Azyumardi di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu (19/9).

"Turut berdukacita atas wafatnya Bapak Azyumardi Azra," demikian tertulis pada karangan bunga dari Presiden Jokowi dan keluarga.

Sedangkan Anies menyampaikan, Prof Azyumardi Azra tidak segan melontarkan pandangan dan pikiran, walaupun belum tentu semua pihak sepakat. "Beliau juga konsisten dalam menjaga keterbukaan dan demokrasi berkualitas," ujarnya di Taman Literasi Christina Martha Tiahahu, Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (19/9).

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...