Presiden Amerika Joe Biden Temui Presiden Cina Xi Jinping di Bali

Desy Setyowati
14 November 2022, 18:54
Cina, Xi Jinping, Amerika, Joe Biden, G20
AFP/NPR
Presiden Cina Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertemu sehari sebelum KTT G20 di Bali, Senin (14/11).

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Cina Xi Jinping bertemu langsung di Bali hari ini (14/11) atau sehari sebelum KTT G20. Keduanya berjabat tangan untuk pertama kalinya.

“Kami perlu memetakan jalur tepat untuk hubungan Cina dan AS,” kata Xi saat pembukaan pertemuan dalam bahasa Mandarin, menurut terjemahan bahasa Inggris resmi, dikutip dari CNBC Internasional, Senin (14/11).

“Kami perlu menemukan arah tepat untuk hubungan bilateral ke depan dan meningkatkan hubungan,” tambah dia.

Xi mengatakan kepada Biden bahwa hubungan bilateral kedua negara saat ini tidak seperti yang diharapkan oleh masyarakat internasional. Oleh karena itu, menurutnya para pemimpin perlu meningkatkan hubungan.

"Dalam pertemuan kita hari ini, saya siap untuk berbicara jujur , seperti yang selalu kita lakukan, melakukan pertukaran pandangan secara jujur ​​dan mendalam dengan Anda," kata Xi kepada Biden dikutip dari NPR.

Sedangkan Biden mengatakan bahwa Amerika dan Cina memiliki perbedaan pendapat dalam segala hal mulai dari status Taiwan, perdagangan dan teknologi, dan perang Rusia di Ukraina. Namun menurutnya kedua negara bisa mengelola perbedaan dan menghentikan persaingan agar tidak berubah menjadi konflik.

"Sebagai pemimpin kedua negara, kami berbagi tanggung jawab dalam pandangan saya untuk menunjukkan bahwa Cina dan AS dapat mengatur perbedaan, mencegah persaingan menjadi sesuatu yang mendekati konflik dan menemukan cara untuk bekerja sama dalam isu-isu global yang mendesak dan membutuhkan perhatian kami," kata Biden kepada Xi saat pertemuan dimulai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...