Survei Voxpol: Elektabilitas Anies Baswedan Ungguli Ganjar Pranowo

Ade Rosman
18 November 2022, 19:33
ganjar pranowo, Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melambaikan tangan usai merapikan ruang kerjanya di Balai Kota Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Survei Voxpol Center Research & Consulting menunjukkan, elektabilitas mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden mengalahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Voxpol menggelar survei terhadap 1.220 responden selama 22 Oktober – 7 November. Metodenya multistage random sampling, melalui dua tahap, yakni menggunakan systematic random sampling dalam memilih TPS dan systematic random sampling dalam memilih responden dari DPT.

Margin of eror alias tingkat kesalahan dalam hasil yang diterima dari survei 2,81%.

Anies memperoleh 23,6% dalam survei bertajuk Peta Elektoral dan Simulasi Kandidat Capres-Cawapres 2024 tersebut. Sedangkan Ganjar 22% dan Prabowo Subianto 18,6%.

Responden diberikan pertanyaan dengan pilihan terbuka tentang sosok yang akan dipilih sebagai presiden, jika pemilihan alias pilpres digelar hari ini.

Anies juga unggul dalam survei dengan pilihan tertutup yang terdiri dari 16 nama tokoh. Mantan gubernur DKI Jakarta ini meraih 26,1%. Sedangkan Ganjar 25% dan Prabowo 20,7%.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...