SKK Migas: Pertamina Hanya Lepas Lapangan D-Alpha di Blok East Natuna

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Desember 2022, 20:23
pertamina, blok east natuna, skk migas
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Gedung Pertamina Pusat, Jalan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020).

PT Pertamina disebut hanya akan meninggalkan satu dari tiga lapangan migas di Blok East Natuna, yakni D-Alpha. Lapangan ini memiliki kandungan karbondioksida atau CO2 tinggi.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyampaikan, pemerintah membagi Blok East Natuna menjadi tiga bagian, yakni Arwana-Barakuda, D-Alpha, dan Paus. Potensi gas di blok ini diperkirakan 222 triliun kaki kubik (TCF) dengan kandungan karbondioksida atau CO2 71%.

Namun gas yang sanggup dieksploitasi hanya 46 TCF. "Pertamina tidak lepas semua. Yang dikembalikan ke negara hanya Lapangan D-Alpha karena CO2-nya tinggi," kata Dwi di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (12/9).

Selain gas bumi, Blok East Natuna disebut mengandung sumber daya minyak mentah yang dinilai sanggup untuk menambah kebutuhan konsumsi minyak domestik.

"Lapangan minyaknya kami akan dorong Pertamina. Mereka mulai serius menyampaikan proposal," ujar Dwi. "Kami berdiskusi dengan Pertamina dan pihak-pihak terkait mengenai minat mereka di East Natuna."

Sebelumnya diberitakan bhawa Kementerian ESDM bakal melelang ulang proyek pengelolaan lapangan East Natuna. Ini karena PT Pertamina sebagai pihak yang diberi penugasan khusus, memutuskan untuk mengembalikan blok migas ini ke pemerintah.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...