Petronas Dapat Izin Mengebor Sumur Minyak di Madura, Onstream 2027

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Januari 2023, 07:31
petronas, lapangan hidayah
Arief Kamaludin|KATADATA
Petronas

Pemerintah menyetujui rencana pengembangan lapangan pertama atau Plan of Development I (POD I) Lapangan Hidayah oleh Petronas. Lapangan Hidayah bagian dari Wilayah Kerja North Madura II.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merestui POD I lapangan yang dioperasikan oleh Petronas Carigali North Madura II, melalui surat persetujuan tertanggal 27 Desember 2022.

Persetujuan itu merupakan jawaban atas rekomendasi yang disampaikan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Perusahaan eksplorasi migas asal Malaysia, Petronas baru menemukan cadangan setelah melakukan pengeboran tiga sumur eksplorasi di wilayah itu. Sumur terakhir yang dibor adalah Hidayah-1.

Hidayah-1 menghasilkan penemuan dengan estimasi cadangan minyak 88,55 Million Stock Tank Barrel (MMSTB). Lapangan Hidayah berlokasi sekitar 6 kilometer (km) di utara Pulau Madura.

Di kawasan tersebut, ada beberapa lapangan migas yang lebih dahulu beroperasi.

“Hal itu menunjukkan bahwa jika dilakukan eksplorasi, lapangan-lapangan baru akan tetap mungkin ditemukan, bahkan di wilayah yang kegiatan hulu migas-nya sudah cukup padat,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam siaran pers, Selasa (10/1).

Dwi menambahkan, SKK Migas mendorong percepatan PoD I Lapangan Hidayah agar sumber daya minyak yang ditemukan dapat segera diproduksi. Dengan begitu, dapat menambah produksi minyak, sehingga bisa menekan impor.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...