Presiden AS Joe Biden Diselidiki Jaksa Agung soal Dokumen Rahasia

Desy Setyowati
13 Januari 2023, 07:48
joe biden, amerika, donald trump
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan pandangannya dalam sesi Partnership for Global Insfrastucture and Investment dalam rangkaian KTT G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (15/11/2022).

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden diselidiki oleh penasihat hukum yang ditunjuk oleh Jaksa Agung Merrick Garland. Ini terkait dokumen rahasia yang ditemukan di rumah Joe Biden di Wilmington, Delaware, dan di kantor tanpa jaminan di Washington.

Eks pengacara mantan Presiden AS Donald Trump, Robert Hur akan memimpin penyelidikan. Ia berencana segera memulai pekerjaannya.

“Saya akan menyelidiki dengan penilaian adil dan tidak memihak. Saya bermaksud mengikuti fakta dengan cepat dan menyeluruh, tanpa rasa takut atau bantuan dan akan menghormati kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk melakukan layanan ini," kata Hur dikutip dari APNews, Jumat (13/1). 

Penasihat khusus berwenang menyelidiki apakah ada orang atau entitas yang melanggar hukum. "Keadaan luar biasa dari masalah itu memerlukan penunjukan Hur," kata Garland. 

Undang-undang (UU) federal mewajibkan prosedur penanganan ketat untuk informasi rahasia, dan catatan resmi sejak Joe Biden menjabat wakil presiden. Sebab, dokumen rahasia dianggap milik pemerintah menurut UU Catatan Presiden.

“Penunjukan ini menggarisbawahi komitmen publik departemen untuk independensi dan akuntabilitas dalam hal-hal yang sangat sensitif, dan untuk membuat keputusan yang hanya dipandu oleh fakta dan hukum,” kata Garland.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...