Harga Minyak Mentah Indonesia Februari Naik Jadi US$ 79,48

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Maret 2023, 10:03
Harga minyak mentah, harga minyak
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Kilang minyak

Harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) pada Februari US$ 79,48 per barel. Angka ini naik tipis US$ 0,94 dari US$ 78,54 per barel Januari.

Penetapan itu tercantum dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 101.K/MG.03/DJM/2023 tentang Harga Minyak Mentah Indonesia Februari yang diteken pada 1 Maret.

Beberapa faktor yang memengaruhi  harga minyak mentah utama di pasar internasional, antara lain kekhawatiran pasar atas kondisi ekonomi global khususnya di Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Kekhawatiran pasar timbul akibat adanya rencana kenaikan tingkat suku bunga oleh European Central Bank (ECB) 50 basis poin atau 0,5% menjadi 3% sebagai upaya mengatasi inflasi dan menurunkan minat investor pada pasar komoditas.

Selain itu, harga minyak mentah menjadi lebih mahal karena dolar AS terus menguat seiring ekspektasi bank sentral The Fed kembali menaikkan tingkat suku bunga acuan.

Hal itu berdampak pada menurunnya permintaan minyak mentah, dan investor beralih ke investasi lain.

Faktor lainnya yakni rencana Departemen Energi AS melepas 26 juta barel minyak dari Strategic Petroleum Reserve (SPR). Ini menambah kekhawatiran pasar akan kelebihan pasokan minyak mentah.

Harga minyak juga dipengaruhi oleh pasokan minyak mentah dunia. Berdasarkan laporan HIS pada Februari, pasokan minyak mentah global naik dari 0,9 juta barel per hari menjadi 2 juta barel per hari secara bulanan (month to month/mtm).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...