Tol Becakayu Jakasampurna - Marga Jaya Bisa Dilewati Mulai Hari Ini

Nadya Zahira
24 Maret 2023, 06:50
tol becakayu
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/YU
Foto udara Tol Becakayu (Bekasi Cawang Kampung Melayu) Seksi 2A (Jakasampurna-Marga Jaya) di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (23/3/2023).

Jalan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu atau Becakayu Seksi 2A dan 2A Ujung Ruas Jakasampurna – Marga Jaya akan diuji coba operasi mulai hari ini, Jumat (24/3) pada Pukul 06.00 WIB.

Uji coba dilakukan karena sudah ada izin pengoperasian jalan tol berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A Ujung Ruas Jakasampurna – Marga Jaya.

“Rencananya akan dilakukan uji coba operasi ruas tol Becakayu Jakasampurna – Marga Jaya sepanjang 4,88 kilometer (Km) mulai 24 Maret," demikian keterangan PT Waskita Tol Road atau WTR, dikutip pada Jumat (24/3).

Selama periode uji coba, pengguna jalan tol akan dikenakan tarif lama Rp 14.000 untuk Golongan I dengan jenis kendaraan yakni, mobil, sedan, bus, pick up dan truk kecil.

Uji coba itu merupakan rangkaian sosialisasi penyesuaian tarif Jalan Tol Becakayu yang semula dengan sistem terbuka dengan satu tarif atau single tariff menjadi sistem terbuka dengan empat zonasi tarif.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko WTR Edie Rizliyanto mengatakan, pasca-sosialisasi dan uji coba, jalan tol Becakayu sepanjang 16,78 km akan beroperasi secara penuh pada April dengan sistem empat zonasi tarif. 

"Perubahan tarif Tol Becakayu diharapkan dapat menyeimbangkan panjang perjalanan rata-rata tempuh pengguna jalan tol dengan besaran tarif tol, sehingga pengguna jalan akan membayar sesuai dengan empat zona asal dan tujuan," ujar Edie melalui keterangan resminya, Jumat (24/3).

Rinciannya sebagai berikut:

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...