Jaringan Pipa Gas Cisem Ruas Semarang - Batang Rampung Agustus

Muhamad Fajar Riyandanu
5 April 2023, 04:00
pipa gas bumi, gas bumi
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/rwa.
Pekerja memasang instalasi pipa gas bumi di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (25/6/2022).

Pipa Gas Bumi Cirebon - Semarang (Cisem) tahap I untuk ruas Semarang - Batang ditargetkan selesai pada Agustus. Pembangunannya sudah mencapai 83%.

Proyek pipa gas bumi sepanjang 60 kilometer (KM) itu dibangun sejak Mei 2022. Pendanaannya berasal dari APBN lewat skema multi years contract.

"Pembangunan Pipa gas bumi Cisem tahap I dalam tahap konstruksi selama 15 bulan dan rencana selesai pada Agustus," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji dalam rapat denger pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR, Selasa (4/4).

Pipa itu memiliki diameter pipa 20 inci untuk mentransmisikan gas bumi dengan kapasitas 116 - 235 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) dari Stasiun ESDM Semarang di Tambakrejo.

Fasilitas itu membentang ke jalan nasional di utara Kota Semarang hingga pintu tol Krapyak dan melalui tol Semarang - Batang menuju Stasiun ESDM Batang.

Proyek pipa gas bumi Rp 1,17 trilun tersebut diharapkan memperkuat rantai suplai pasokan gas bumi dan dapat diakses masyarakat secara berkelanjutan, terutama untuk kebutuhan sektor industri eksisting di sepanjang jalur pipa dan kawasan industri seperti Kawasan Industri Terpadu Batang, Kawasan Ekonomi Khusus Kendal dan Kawasan Industri Wijayakusuma Semarang di Jawa Tengah.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...