Menko Airlangga: Indonesia Siap Pasok Baterai Listrik ke Amerika

Desy Setyowati
27 Mei 2023, 12:37
airlangga, baterai listrik, motor listrik, mobil listrik
Kemenko Perekonomian
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) saat bertemu dengan Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo di sela pertemuan tingkat Menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) di Detroit, AS pada Jumat (26/5/2023) waktu setempat.

Menteri Koordinator atau Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan Indonesia siap menjadi pemasok baterai kendaraan listrik ke Amerika Serikat (AS).

Hal itu ia sampaikan saat bertemu dengan Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo di sela pertemuan tingkat Menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) di Detroit, AS pada Jumat (26/5) waktu setempat.

Advertisement

“Indonesia siap bekerja sama dalam pengembangan kendaraan listrik, khususnya sebagai pemasok baterai kendaraan listrik ke Amerika Serikat,” ujar Airlangga dalam keterangan pers, Sabtu (27/5).

Dalam pertemuan dengan menteri perdagangan Amerika itu, Airlangga mengatakan Indonesia sebagai negara dengan jumlah cadangan nikel yang besar, sehingga dapat menjadi mitra strategis AS dalam mengembangkan kendaraan listrik.

Menurut Data US Geological Survey, cadangan nikel Indonesia menempati peringkat pertama yakni 21 juta ton atau setara 22% cadangan global. Produksi nikel Indonesia menempati peringkat pertama yakni satu juta ton, melebihi Filipina 370 ribu ton dan Rusia 250 ribu ton.

Airlangga juga menyampaikan, Indonesia telah melakukan berbagai reformasi struktural salah satunya melalui Omnibus Law atau UU Cipta Kerja guna meningkatkan investasi asing langsung dan memperbaiki iklim investasi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement