Kemenkes Kirim 107 Ton Obat ke Arab Saudi untuk Jemaah Calon Haji RI

Desy Setyowati
27 Mei 2023, 14:27
haji, arab saudi, kemenkes
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.
Jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Palembang antre untuk mendapatkan gelang identitas setibanya di Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (26/5/2023).

Kementerian Kesehatan atau Kemenkes mengirimkan total 107 ton obat dan perbekalan kesehatan ke Arab Saudi untuk memenuhi pelayanan kesehatan bagi jemaah calon haji asal Indonesia.

Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Rizka Andalusia memastikan kebutuhan obat terjamin hingga jemaah kembali ke Tanah Air. “Kami menyediakan obat dan perbekalan kesehatan sejak keberangkatan hingga tiba di Tanah Suci," katanya dalam keterangan pers, Sabtu (27/5).

Obat yang dikirim meliputi obat saluran napas, obat saluran cerna, obat antidiabetes, obat analgesik dan antiinflamasi, obat kardiovaskuler, multivitamin, larutan elektrolit dan susu.

Selain itu, terdapat 206.400 paket perlengkapan jemaah sebagai penunjang kesehatan selama beribadah yang diberikan kepada setiap peserta calon haji di embarkasi.

Kemudian, ada 524 paket obat dan perbekalan kesehatan yang akan dibawa oleh petugas medis kloter yang mendampingi jemaah selama melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, disediakan obat dan perbekalan kesehatan di 19 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang digunakan sebagai embarkasi.

Ia mengingatkan pelaporan penggunaan maupun pendistribusian obat dalam rangka pelayanan kesehatan calon haji dilakukan secara elektronik menggunakan aplikasi bernama Sobathaji mulai tahun ini.

Aplikasi itu bertujuan membantu pengelolaan logistik haji. “Kami berharap dapat mengurangi angka kesakitan pada peserta calon haji,” ujar dia.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...