Hampir 20 Tahun Memimpin Turki, Erdogan Kembali Menang Pilpres

Desy Setyowati
29 Mei 2023, 07:20
Turki, Recep Tayyip Erdogan,
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan keterangan kepada wartawan dalam konferensi pers KTT G20 di Media Center, BICC, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (16/11/2022).

Presiden Tayyip Erdogan memenangkan pemilihan presiden atau pilpres Turki yang berlangsung dua putaran. Ia memperpanjang dua dekade kekuasaannya.

Penantangnya yakni Kemal Kilicdaroglu, menyebut pilpres kali ini paling tidak adil dalam beberapa tahun. Meski begitu, ia tidak membantah hasilnya.

Hasil pemilu putaran kedua di Turki menunjukkan, Kilicdaroglu meraih 47,9% suara dan Erdogan 52,1%.

"Satu-satunya pemenang hari ini adalah Turki,” kata Erdogan dalam pidatonya dikutip dari Reuters, Senin (29/5). "Saya berterima kasih kepada setiap orang yang sekali lagi memberi kami tanggung jawab untuk memerintah negara lima tahun lagi.”

Erdogan memperpanjang masa jabatannya sebagai pemimpin terlama sejak Mustafa Kemal Ataturk mendirikan Turki modern dari reruntuhan Kekaisaran Ottoman seabad lalu.

Kemenangan itu memperkuat citra Erdogan yang tak terkalahkan, setelah mengubah kebijakan domestik, ekonomi, keamanan, dan luar negeri di Turki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...