Ramal Bakal Ada Pandemi Sejak 2015, Bill Gates Sudah Timbun Makanan

Bahkan, Bill Gates sudah khawatir akan terjadi pandemi sejak 2009. Ia dan istrinya pun menimbun makanan sejak beberapa tahun lalu.
Desy Setyowati
17 April 2020, 11:04
Ramal Bakal Ada Pandemi Sejak 2015, Bill Gates Sudah Timbun Makanan
Arief Kamaludin|KATADATA
Pemilik Microsoft Bill Gates

Pendiri Microsoft Bill Gates sempat mengatakan bakal ada pandemi, dalam sebuah acara televisi pada 2015 lalu. Ia dan istrinya, Melinda Gates bahkan sudah menimbun makanan di ruang bawah tanah selama beberapa tahun.

“Beberapa tahun lalu, kami berbicara tentang, 'Bagaimana jika tidak ada air bersih? makanan yang cukup? Kemana kita pergi? Apa yang mungkin kita lakukan sebagai keluarga?,” kata Melinda kepada BBC Radio Live, dikutip dari CNBC Internasional, kemarin (16/4).

Karena tahu pandemi seperti virus corona ini akan datang, mereka menimbun makanan. “Saya pikir, kami harus mempersiapkan hal itu untuk diri kita sendiri," ujar Melinda. "Kami menyiapkan, dan memiliki beberapa makanan di ruang bawah tanah jika diperlukan.”

(Baca: Trump Setop Danai WHO, Bill dan Melinda Gates Sumbang Rp 3,9 Triliun)

Advertisement

Kendati begitu, Melinda mengatakan mereka tidak dapat menyimpan obat atau vaksin tertentu. Tentu saja, karena Covid-19 belum ditemukan hingga saat ini. "Ini penyakit yang kita hadapi bersama," katanya.

Bill Gates memang sempat mengatakan bahwa wabah seperti pandemi corona bakal terjadi, saat menghadiri acara televisi TED Talks pada 2015. Tema diskusi saat itu tentang pandemi mematikan, karena mewabahnya Ebola pada 2014.

Bahkan, Bill Gates sudah memperingatkan potensi terjadinya pandemi setelah H1N1 mewabah pada 2009. (Baca: Kandidat Vaksin Covid-19 yang Didanai Bill Gates Diuji Coba ke Manusia)

Pada April 2018, Bill juga mengatakan bahwa dunia tidak siap untuk peristiwa pandemi. Hal ini ia sampaikan saat menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Massachusetts Medical Society dan New England Journal of Medicine (NEJM).

"Dunia perlu mempersiapkan pandemi dengan cara yang sama seriusnya ketika menghadapi perang," kata Bill Gates. (Baca: Jika Jadi Trump, Bill Gates Tiru Langkah Tiongkok Atasi Pandemi Corona)

Gates sendiri tumbuh dewasa selama Perang Dingin. Ia dan keluarganya memiliki tempat di ruang bawah tanah, untuk menyimpan makanan.

“Ketika saya masih kecil, bencana yang paling kami khawatirkan yakni perang nuklir. Ketika serangan nuklir datang, kami harus turun, berjongkok, dan makan di luar tong itu,” katanya, saat menghadiri acara Ted Talk pada 2015.

“Dewasa ini, risiko terbesar dari bencana global yang tidak terlihat seperti perang nuklir. Alih-alih, sepertinya (virus menular),” ujar Gates.

(Baca: Fokus Berderma, Bill Gates Mundur dari Microsoft)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait