Pendapatan Driver Ojol Merosot, Gojek Beri Paket Sembako Rp 20 Miliar

Gojek membagikan voucher paket sembako Rp 100 ribu untuk 200 ribu mitra pengemudi taksi dan ojek online. Ini untuk mengantisipasi dampak pandemi corona.
Image title
15 April 2020, 11:45
Pendapatan Driver Ojol Merosot, Gojek Beri Paket Sembako Rp 20 Miliar
gojek
Mitra driver Gojek sedang menukarkan voucher sembako gratis di salah satu gerai Alfamart di Jakarta

Penghasilan pengemudi taksi dan ojek online anjlok akibat pandemi corona. Startup penyedia layanan on-demand Gojek melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) dan Alfamart memberikan paket sembako senilai Rp 20 miliar bagi 200 ribu mitranya.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, donasi total Rp 20 miliar itu disalurkan dalam bentuk voucher digital untuk berbelanja di Alfamart. Masing-masing voucher nilainya Rp 100 ribu.

Voucher didistribusikan melalui aplikasi mitra pengemudi. Voucher itu dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng dan mie instan di seluruh gerai Alfamart.

(Baca: Gojek Bagikan 1 Juta Voucher Makan Rp 5.000/Minggu untuk Mitra Driver)

Ia mengatakan, mitra pengemudi sangat terpukul akibat mewabahnya virus corona. "Upaya kami dari hulu ke hilir guna pastikan mitra kami tetap sehat, aman, dan dapat memenuhi kebutuhan hariannya," kata Andre dikutip dari siaran pers, Rabu (15/4). 

Donasi sembako merupakan bagian dari 12 program yang digagas Gojek untuk mengantisipasi anjloknya pendapatan mitra pengemudi. Program ini mencakup tiga area utama yakni jaminan kesehatan dan keselamatan, ringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan mitra.

Selain donasi sembako, Gojek membagikan 1 juta voucher makan senilai Rp 5.000 per pekan kepada mitra. Dengan voucher itu mitra bisa membeli paket makanan harga terjangkau dari ribuan mitra Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

(Baca: Bantu Mitra selama PSBB, Gojek Layani Pesan Antar Sembako dan Pangan)

Untuk mitra UMKM, Gojek juga meluncurkan program Hari Kuliner Nasional (Harkulnas). Program itu bertujuan meningkatkan order bagi mitra pengemudi selama masa pandemi.

Gojek juga menambah opsi tip di aplikasi. Hal itu agar konsumen bisa memberikan tip hingga Rp 100 ribu yang disalurkan langsung ke dompet digital mitra.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan, perusahaannya menggelar program tanggap dalam rangka menanggapi pandemi corona. Dari program itu, mitra pengemudi juga mendapatkan bantuan paket sembako dalam bentuk 30 ribu voucher digital.

Nilai masing-masing voucher Rp 50 ribu. Total yang disalurkan melalui program Alfamart ini Rp 1,5 miliar. "Pandemi memberi dampak pada penghasilan mereka. Bantuan ini akan disalurkan terhadap driver yang benar-benar membutuhkan bantuan," kata Solihin.

(Baca: MPR Targetkan Donasi Rp 1 Miliar untuk Ojol dan UMKM Terdampak Corona)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait